Share

5 Jajanan Bikin Nostalgia Masa Kecil, Mana Favorit Anda?

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Sabtu 14 Agustus 2021 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 14 12 2455509 5-jajanan-bikin-nostalgia-masa-kecil-mana-favorit-anda-Ae0wrASAXm.jpg Foto: DOk Shutterstock

Masa kecil adalah masa-masa indah yang tidak akan mungkin terulang kembali. Nah, semasa kecil dulu, tentu kita pernah merasakan makanan khas Indonesia yang kerapkali membuat rindu ingin mencicipinya kembali. Namun, tidak hanya makanan, tapi juga ada jajanan semasa kecil yang masih tetap ada bahkan hits hingga saat ini.

Hadir dengan beragam rasa seperti manis, gurih, dan pedas, serta harga yang terjangkau, jajanan masa kecil dulu juga bisa menjadi favorit camilan terutama saat work from home dan masa perpanjangan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Rasanya yang enak membuat jajanan ini sulit hilang dari ingatan. Tidak hanya memanjakan lidah dan mampu mengusir rasa bosan ketika #DiRumahAja, tapi juga bisa jadi ajang bernostalgia masa kecil Anda.

Biar tidak penasaran dengan jajanan masa kecil, jangan sampai tidak mencoba jajanan ini ya. Anda pun akan tetap semangat saat work from home sambil ditemani jajanan masa kecil. Yuk, disimak!

1. Cilok yang Kenyal

 

Foto. Instagram cilokdjoedes

Cilok merupakan makanan khas dari daerah Tasikmalaya, Bandung, hingga Ciamis, Jawa Barat. Terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap, seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok memang mirip dengan bakso dari bentuknya yang bulat, ketika dimakan Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dengan bakso karena perbedaan pada bahan dasarnya.

Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tepung tapioka, maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi. Tekstur kenyal dan perpaduan bumbu pelengkap yang kaya rempah pada cilok, memang selalu bikin ketagihan ketika disantap saat work from home. Bagi Anda pencinta cilok, Anda harus coba produk UMKM lokal @cilokdjoedes, nih. Cilok daging spesial ini punya banyak rasa dan jenis yang menggugah selera, lho.

2. Cireng dengan Variasi Bumbu

 

Foto. Instagram @cemilanpontir

Cireng, satu lagi jajanan khas Bandung, Jawa Barat, yang tentu saja enak dan ramah di kantong. Makanan ini merupakan salah satu jajanan yang berbahan dasar tepung kanji. Cireng biasanya disajikan dengan saus kacang, saus tomat, atau saus sambal. Saus-saus ini akan menambah kenikmatan cireng yang semakin menggugah selera.

Cireng juga memiliki banyak variasinya. Ada yang berbentuk bulat datar seperti koin, ada pula yang bulat seperti cilok. Ada cireng yang tanpa isi, ada pula yang memiliki beragam isi. Ada yang dimakan dengan bumbu kacang, bahkan ada yang dimakan dengan bumbu rujak. Anda bisa menikmati berbagai varian cireng, mulai dari cireng isi, cireng bumbu rujak, hingga cireng mercon dari pelaku ekonomi kreatif @cemilanpontir. Sudah pasti bikin Anda ngiler.

3. Keripik Aneka Rasa

 

Foto. Instagram juragankeripikjk

Keripik yang renyah di lidah dengan berbagai rasa, tentu akan membuat aktivitas di rumah Anda semakin seru. Mulai dari keripik singkong, kentang, keripik paru, hingga pisang, pastinya bikin mulut tak berhenti mengunyah. Di Indonesia terdapat berbagai macam keripik yang wajib untuk dicicipi. Mulai dari keripik paru asal Salatiga, Jawa Tengah.

Keripik ini terbuat dari paru sapi dengan rasanya yang gurih dan asin. Keripik cakar ayam dari Solo, Jawa Tengah, terbuat dari kaki ayam yang telah dibumbui tepung dan digoreng. Kemudian keripik buah, seperti apel, salak, stroberi, hingga nangka dari Malang, Jawa Timur, dengan rasa yang renyah. Anda bisa mendapatkan keripik berbagai rasa dari @juragankeripikjk yang renyah dan gurih untuk menemani aktivitas #DiRumahAja.

4. Makaroni yang Renyah

 

Foto. Instagram @nafirakitchen

Makaroni juga merupakan jajanan jadul yang sangat hits. Makaroni merupakan salah satu pasta yang bentuknya seperti pipa kecil yang bengkok membentuk busur. Makaroni biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong.

Baik remaja hingga dewasa, suka ngemil makaroni yang kriuk. Dengan inovasi varian rasa seperti keju, balado, hingga level pedas, makin bikin pengen nambah lagi dan lagi deh. Di beberapa daerah, seperti Semarang, Yogyakarta, dan Malang jajajan dengan tekstur yang kering dan renyah ini biasanya dijual dengan rasa pedas asin atau balado. Anda bisa mendapatkan makaroni lezat dengan #BeliKreatifLokal di @nafirakitchen.

BACA JUGA: Oleh-Oleh Khas Indonesia untuk Lepas Rindu Pulang Kampung

5. Risol dengan Aneka Saus

 

Foto. Instagram benaral_kitchen

Pencinta jajanan pasti bakal jatuh cinta banget sama risol. Risol yang berasal dari DKI Jakarta ini umumnya berisi daging cincang dan sayuran yang dibungkus dadar, lalu digoreng setelah dilapisi tepung panir serta kocokan telur ayam.

Di Indonesia, risol memiliki tiga jenis berdasarkan isinya, yaitu risol sayur, risol daging, dan risol ragout. Risol sayur dan daging biasanya berbentuk gulungan, sedangkan risol ragout biasanya berbentuk segitiga. Risol dapat dikonsumsi dengan saus kacang, saus sambal maupun tomat, atau cabai rawit utuh. Anda bisa mencicipi risol dari pelaku ekraf @benaral_kitchen yang bikin ketagihan. Yuk dicoba!

Jajanan di atas bisa membawa nuansa nostalgia masa kecil ya. Anda bisa beli jajanan dari pelaku ekonomi kreatif secara online #DiRumahAja. Dengan #BeliKreatifLokal Anda telah berkontribusi untuk membantu pelaku ekonomi kreatif agar terus bertahan saat pandemi seperti sekarang ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak masyarakat untuk membeli produk ekonomi kreatif lokal. Menparekraf juga mendorong pelaku ekraf untuk memperkenalkan produk-produk kreatif tersebut ke pasar internasional secara digital.

“Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat memajukan brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan satu sama lain. Dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi,” kata Sandiaga.

Dengan inovasi para pelaku ekraf, makin banyak pilihan bagi kita untuk mendapatkan produk yang kita inginkan termasuk jajanan nostalgia masa kecil saat #DiRumahAja. Pastinya, meski beraktivitas #DiRumahAja selama masa pandemi, tetap terapkan disiplin protokol kesehatan 6M, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama.

Di samping itu, Anda juga harus melakukan vaksinasi Covid-19 agar tercipta kekebalan tubuh dari ancaman virus Corona, ya. Vaksinasi mengendalikan penyebaran Covid-19, sehingga kita lekas terbebas dari pandemi demi #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh. Apalagi kita akan merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

 

Foto. Wonderfulimage.id

Nah, selain bernostalgia lewat jajanan masa kecil dengan #BeliKreatifLokal, Anda juga dapat mengobati kejenuhan dengan mengikuti lomba 17 Agustusan yang seru #DiRumahAja. Caranya, dengan ikutan kompetisi #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia periode 27 Juli sampai 20 Agustus 2021.

Yuk, bikin video kreasi menyanyikan lagu daerah #DiIndonesiaAja dan menangkan hadiah total jutaan rupiah! Cara Ikutannya juga mudah kok. Pilih salah satu lagu daerah favorit Anda. Agar makin meriah, bisa sambil menari dan bermain musik, atau menggunakan kostum dan aksesori khas sesuai lagu daerah yang Anda pilih.

Upload video di Instagram feed Anda, jangan lupa mention akun Instagram @pesonaid_travel dan sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan pada caption. Pastikan akun Anda tidak di-private dan sudah follow akun Instagram @pesonaid_travel, ya!

Yuk, bikin video kreasi menyanyikan lagu daerah #DiIndonesiaAja! Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah serta tak ketinggalan ucapan spesial hari kemerdekaan dari Presiden Joko Widodo. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia dan gift box dari Rumah Digital Indonesia. Video-video kreasi terbaik akan berkesempatan ditayangkan di semua media sosial Pesona Indonesia dan platform rumahdigitalindonesia.id. Buruan ikutan!

Hashtag: #DiIndonesiaAja #DiRumahAja #InDOnesiaCARE #BeliKreatifLokal #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini