Share

Ragam Ide Seru Merayakan HUT RI ke-76 #DiRumahAja

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Sabtu 14 Agustus 2021 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 14 12 2455558 ragam-ide-seru-merayakan-hut-ri-ke-76-dirumahaja-gKlC7CsxKF.jpg Foto: Shutterstock

Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 pada 17 Agustus diperingati di tengah pandemi Covid-19. Tradisi unik #DiIndonesiaAja yang biasanya digelar untuk menyemarakkan HUT RI pun ditiadakan. Meski demikian, Anda tetap dapat merayakan kemerdekaan bersama keluarga #DiRumahAja. Terdapat sejumlah cara menarik dan kreatif untuk merayakan HUT RI ke-76 di rumah bersama keluarga. Cara kreatif ini juga dapat membantu tumbuh kembang anak sekaligus menanamkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta Tanah Air.

Meski merayakan HUT RI ke-76 #DiRumahAja, karena perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Anda harus tetap disiplin protokol kesehatan 6M. Mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama.

Di samping itu, Anda juga harus mendapatkan vaksinasi Covid-19 agar tercipta kekebalan tubuh dari ancaman virus Corona, ya. Semakin banyak masyarakat yang melakukan vaksinasi maka penyebaran Covid-19 akan lebih mudah dikendalikan dan akan tercapainya herd immunity, sehingga kita bisa terbebas dari pandemi demi #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh.

Penasaran ide seru merayakan HUT RI ke-76 #DiRumahAja, yuk langsung disimak:

1. Mengikuti Kompetisi #MelodiKemerdekaan

 

Merayakan HUT RI ke-76 #DiRumahAja bersama keluarga bisa dengan menyanyikan lagu daerah lengkap dengan busana dan aksesori tradisional #DiIndonesiaAja. Anda bisa langsung saja mengikuti lomba 17 Agustusan yang seru, lho. Caranya, dengan ikutan kompetisi #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia periode 27 Juli sampai 20 Agustus 2021.

Yuk, bikin video kreasi menyanyikan lagu daerah #DiIndonesiaAja. Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah serta tak ketinggalan ucapan spesial hari kemerdekaan dari Presiden Joko Widodo. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia dan gift box dari Rumah Digital Indonesia. Video-video kreasi terbaik akan ditayangkan di semua media sosial Pesona Indonesia dan platform rumahdigitalindonesia.id.

Cara ikutannya juga mudah, kok. Pilih salah satu lagu daerah favorit Anda. Upload video di Instagram feed Anda, jangan lupa mention akun Instagram @pesonaid_travel dan sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan pada caption. Pastikan akun Anda tidak di-private dan sudah follow akun Instagram @pesonaid_travel, ya!

2. Mendekorasi Rumah

 

foto Shutterstock

Mendekorasi rumah dengan hiasan 17 Agustusan membuat perayaan HUT RI tahun ini jadi lebih semarak. Menghias rumah menyambut HUT RI bisa jadi kegiatan yang menyenangkan serta mengusir rasa bosan saat beraktivitas #DiRumahAja.

Beberapa pernak-pernik berwarna merah putih atau pernak-pernik khas Indonesia lainnya untuk dekorasi ruangan akan membuat suasana rumah makin semarak. Dekorasi yang dipilih bisa menggunakan tirai bendera merah putih, poster pahlawan, balon merah putih, kain tradisional, hingga pajangan rotan khas Indonesia. Anda bisa juga menambahkan hiasan dengan #BeliKreatifLokal dari pelaku ekonomi kreatif berbagai daerah, seperti produk berbahan rotan dari Sun and Sand Décor, wall hanging dari Lohos Macrame, hingga aksesori pajangan dari Uma Design.

3. Upacara Bendera #DiRumahAja

 

foto Shutterstock

Upacara HUT RI adalah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu rakyat Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Saat melihat bendera Merah Putih berkibar dan melakukan penghormatan, semangat Hari Kemerdekaan pun langsung terasa.

Mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih di rumah bersama keluarga akan membuat perayaan HUT RI lebih semarak. Agar upacara bendera yang dibuat di rumah berjalan lancar dan mengesankan untuk seluruh anggota keluarga, Anda bisa menggunakan halaman rumah, teras, hingga ruang keluarga.

Anda pun bisa berpartisipasi dalam upacara pengibaran bendera Merah Putih secara virtual melalui Rumah Digital Indonesia. Meski digelar secara virtual, semangat kemeriahan 17 Agustus tetap akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Agar semakin meriah dan kompak dengan keluarga #DiRumahAja, Anda bisa menggunakan kostum serba merah putih yang bisa didapatkan dengan #BeliKreatifLokal secara online di media sosial para pelaku usaha atau melalui platform e-commerce.

4. Menyiapkan Hidangan khas 17-an

 

foto : Shutterstock

Selain seremonial dan perlombaan, 17 Agustusan juga identik dengan hidangan khas sebagai ungkapan sukacita merayakan Hari Kemerdekaan. Sudah tradisi, biasanya keluarga Indonesia di Hari Merdeka menyajikan berbagai hidangan khas daerah. Daerah-daerah di Nusantara punya masakan atau kuliner khas Hari Kemerdekaan, lho. Karena itu, membuat menu khas Nusantara bisa jadi ide kegiatan seru 17-an bareng keluarga. Beberapa makanan yang cocok jadi referensinya, seperti Nasi Tugtug Oncom dari Tasikmalaya, Kerak Telur dari DKI Jakarta, Nasi Tumpeng dari Yogyakarta, Klepon dari Surabaya, dan lain sebagainya.

Jika Anda tak ingin repot membuatnya, tak perlu khawatir ya! Buka gadget Anda lalu cari media sosial penjual makanan khas Nusantara yang Anda inginkan atau pesan melalui layanan pesan antar dari aplikasi. Dengan begitu semangat gotong royong dengan #BeliKreatifLokal secara online kita lakukan di tengah situasi pandemi seperti saat ini.

5. Mengikuti Lomba secara Online

foto instagram @Shandy Aulia

Kemeriahan HUT RI tahun ini bisa dilakukan dengan mengikuti lomba secara virtual di rumah. Jadi semangat dan kemeriahannya tetap sama walau tempatnya berbeda. Awal Agustus 2021, Pemerintah meluncurkan Rumah Digital Indonesia (RDI) menjelang perayaan HUT RI ke-76.

RDI merupakan wadah virtual yang akan menyemarakkan bulan kemerdekaan di masa pandemi Covid-19. Lewat RDI ini nantinya akan digelar sejumlah lomba khas 17 Agustus secara virtual. Jadi, Anda dan keluarga bisa mengikuti perlombaan khas 17-an, seperti lomba makan kerupuk, lomba balap karung, hingga tarik tambang secara virtual.

Kemeriahan serta rasa syukur HUT Kemerdekaan RI ke-76 bisa tetap semarak meskipun dilakukan di rumah. Dengan semangat kemerdekaan, marilah kita tetap berperan aktif membantu Pemerintah dalam mengatasi pandemi saat ini.

Foto. wonderfulimage.id

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong seluruh masyarakat untuk berkontribusi dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya dengan menumbuhkan rasa bangga menggunakan produk lokal. Menparekraf juga ingin produk lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menjadi tulang punggung perekonomian di kala pandemi.

“Produk-produk lokal itu sudah keren, bagus, kualitasnya kelas dunia, harganya lebih terjangkau. Dengan beli produk lokal bisa membantu para UMKM kita yang terdampak pandemi" jelasnya.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini