Kabar Baik, Kasus Konfirmasi Covid-19 Turun Mencapai 18%

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 14 Agustus 2021 06:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 14 481 2455459 kabar-baik-kasus-konfirmasi-covid-19-turun-mencapai-18-y7Mz1Asqhx.jpg Ilustrasi kasus covid-19 di Indonesia mengalami penurunan. (Foto: Okezone)

KASUS covid-19 di Indonesia akhirnya mengalami penurunan, setelah sempat dihadapkan pada masa-masa darurat. Hal ini sebagaimana diungkapkan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi.

Ia mengatakan, secara lingkup nasional saat ini terjadi tren penurunan kasus covid-19. Bahkan, kasus konfirmasi covid-19 sudah turun hingga 18 persen.

Baca juga: Kemenkes Tegaskan Angka Kematian Tidak Dihilangkan dari Laporan Harian, Ini Alasannya 

"Secara keseluruhan terjadi tren penurunan kasus secara nasional. Penurunan kasus konfirmasi sebanyak 18 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya," kata dr Siti Nadia Tarmizi dalam Update Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat 13 Agustus 2021.

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

Dia melanjutkan, tidak hanya angka kasus konfirmasi positif yang turun, tren penurunan juga terjadi pada tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR).

"Per 12 Agustus, tidak ada provinsi yang mencatatkan tempat perawatan isolasi lebih dari 80 persen. Tentunya hal ini menggembirakan, sehingga dapat menekan beban sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit," tambahnya.

Baca juga: Kemenkes: Vaksinasi Lengkap Tenaga Kesehatan Kurangi Risiko Dirawat Inap 

Meski demikian, dr Siti Nadia menegaskan masih ada beberapa provinsi yang berada di level red flag, karena tingkat keterisian perawatan kamar ICU-nya masih lebih dari 80 persen.

"Untuk perawatan di ICU masih ada beberapa provinsi dengan tingkat keterisian perawatan lebih dari 80 persen, yaitu Provinsi Bali, Kalimantan Timur, Bangka Belitung, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Riau," tukasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini