Ketahui 3 Tanda Umum Anda Kekurangan Vitamin D

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 15 Agustus 2021 02:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 612 2455722 ketahui-3-tanda-umum-anda-kekurangan-vitamin-d-zU3gjX740t.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA Pandemi Covid-19, orang-orang memang mulai aware dengan pentingnya vitamin D. Pasalnya, vitamin D memang terbukti menjaga imunitas tubuh seseorang, sehingga tidak mudah sakit.

Vitamin D pun cukup unik, lantaran berfungsi layaknya seperti hormon. Oleh karenanya, banyak orang mulai mengonsumsi vitamin D tambahan, atau bahkan dengan berjemur sinar matahari. Lantas apa saja tanda-tanda seseorang kekurangan vitamin D?

Dilansir dari laman HealthLine, ada beberapa risiko yang akan dirasakan oleh seseorang yang kekurangan vitamin D, yakni antara lain:

Vitamin D

Sakit Tulang dan Punggung

Nyeri tulang dan nyeri punggung bawah mungkin merupakan tanda kadar vitamin D yang tidak memadai dalam darah. Studi observasional besar telah menemukan, hubungan antara defisiensi dan nyeri punggung bawah kronis.

Sering sakit

Salah satu peran vitamin D yang paling penting adalah menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat, sehingga Anda mampu melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Beberapa penelitian observasional besar telah menunjukkan, hubungan antara kekurangan dan infeksi saluran pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia.

Mudah kelelahan

Merasa lelah dapat memiliki banyak penyebab, dan kekurangan vitamin D mungkin salah satunya. Sayangnya, ini sering diabaikan sebagai penyebab potensial. Studi kasus telah menunjukkan bahwa kadar vitamin D dalam darah yang sangat rendah dapat menyebabkan kelelahan yang dapat memiliki efek negatif yang parah pada kualitas hidup.

Baca Selengkapnya: Tanda-Tanda Anda Kekurangan Vitamin D, Apa Saja?

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini