Share

Tips Aman dan Bijak Belanja Produk Lokal #DiIndonesiaAja

Rizqa Leony Putri , Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 12 2456237 tips-aman-dan-bijak-belanja-produk-lokal-diindonesiaaja-XJ9ONLmEuV.jpg Foto: Dok Wonderful Indonesia

JAKARTA- Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia membuat masyarakat harus membatasi mobilitasnya, terlebih selama kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang masih diberlakukan. Sebisa mungkin, masyarakat dapat melakukan berbagai aktivitas #DiRumahAja demi meminimalisir risiko penularan Covid-19.

Saat ini, berbagai aktivitas telah dilakukan secara daring #DiRumahAja, seperti halnya bersekolah, bekerja, belajar, hingga melakukan berbagai pertemuan. Tak terkecuali, berbelanja demi memenuhi kebutuhan pribadi dan rumah tangga.

Mulai dari makanan, minuman, pakaian, hingga kebutuhan rumah tangga lainnya kini banyak diproduksi oleh pelaku usaha kreatif lokal yang ada di Tanah Air. Berkembangnya produk lokal #DiIndonesiaAja yang berkualitas dan makin beragam, membuat keinginan untuk memilikinya pun semakin tinggi.

Lantas bagaimana caranya agar dapat #BeliKreatifLokal dengan aman dan nyaman selama masa pandemi Covid-19, serta tetap mematuhi protokol kesehatan? Berikut tipsnya.

1. Berbelanja secara online

 

(Foto: dok Freepik)

Demi mengurangi risiko terpapar virus Covid-19, berbelanja dapat dilakukan secara online. Hal ini tentunya juga bermanfaat untuk menghemat waktu dan tenaga. Jangkauan produk yang ingin dibeli pun semakin luas.

Anda dapat membeli barang-barang favorit mulai dari fesyen, kuliner, kriya, dan berbagai produk lainnya yang ditawarkan oleh pengusaha kreatif lokal #DiIndonesiaAja. Tak hanya melalui media sosial, Anda juga dapat berbelanja melalui beragam e-commerce yang ada. Jadi, jangan ragu untuk #BeliKreatifLokal secara online, ya!

2. Pilih Jenama Lokal Terpercaya

Meski terbilang mudah dan praktis, berbelanja online juga tetap membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Termasuk ketika membeli berbagai produk kreatif lokal, pastikan jenama yang Anda pilih merupakan jenama asli Indonesia.

Sebab, produk asli Indonesia menawarkan kualitas kelas dunia dengan harga yang terjangkau. Banyak sekali para pengusaha kreatif lokal #DiIndonesiaAja yang kini menjual produknya secara online melalui berbagai e-commerce dan media sosial.

Nah, dengan membeli produk lokal, Anda juga telah membantu roda perekonomian Tanah Air agar dapat terus berputar, khususnya di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Namun, Anda juga tetap harus memerhatikan keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja, karena setiap e-commerce dan media sosial pelaku usaha lokal menawarkan cara yang berbeda untuk berbelanja online.

 

Salah satu jenama lokal yang menawarkan produknya melalui e-commerce.

(Foto: tangkapan layar/rienan.official)

Melalui e-commerce, pihak jenama lokal biasanya mengikuti sistem pembayaran rekening bersama ataupun transaksi elektronik, serta dompet digital yang disediakan oleh pihak e-commerce. Setelah barang diterima dengan baik dan dipastikan aman oleh pembeli, maka dana baru akan diterima oleh penjual.

 

Salah satu jenama lokal yang mencantumkan kontak lengkap di media sosialnya.

(Foto: tangkapan layar/batikharni.id)

Jika melalui media sosial, maka pastikan akun toko yang Anda pilih adalah akun yang asli. Akun jenama lokal yang asli pastinya memiliki kontak atau media sosial lainnya milik mereka yang dapat dijangkau oleh konsumen. Cek pula nomor rekening yang dicantumkan untuk lebih meyakinkan kredibilitas toko.

3. Teliti membaca deskripsi produk

Sebelum #BeliKreatifLokal, bacalah dengan teliti deskripsi atau rincian dari produk yang Anda inginkan. Hal ini tentunya agar barang yang sampai ke rumah Anda sesuai dengan ekspektasi Anda.

Penjual biasanya menulis rincian produknya pada kolom deskripsi produk yang terdapat di e-commerce atau media sosial terkait. Melalui kolom ini, pembeli dapat memastikan bahwa produk yang dilihatnya telah sesuai dengan apa yang diinginkannya.

Baca deskripsi produk dengan saksama. Pertama, sesuaikan judul dengan deskripsi yang ada di halaman produk. Pastikan nama barang, varian, spesifikasi, hingga kelengkapan yang ditawarkan sudah sesuai.

 

(Foto: tangkapan layar/belikreatiflokal.id)

Katalog digital berisi ragam produk lokal di Indonesia seperti yang terdapat pada laman belikreatiflokal.id mungkin dapat membantu Anda untuk memilih barang yang diinginkan. Berbagai macam produk kreatif lokal tersedia di sini untuk menemani waktu Anda selama #DiRumahAja.

Laman ini akan menampilkan ragam produk lokal yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu kuliner, fashion, dan kriya. Anda dapat menemukan berbagai macam kuliner Indonesia yang masih tradisional hingga kekinian pada opsi “Kuliner”.

Sementara itu, pada opsi “Fashion” menampilkan berbagai macam produk pakaian karya pengusaha kreatif lokal, mulai dari kaos, kemeja, celana, rok, hijab, hingga masker. Berbagai pilihan batik dan tenun dari berbagai penjuru Tanah Air pun turut ditawarkan pada laman ini.

Anda juga dapat menemukan ragam kerajinan yang unik dan tentunya berkualitas pada opsi “Kriya”. Seluruh produknya tentu saja merupakan hasil dari tangan-tangan kreatif para pengrajin lokal asli Indonesia. Jadi makin #BanggaBuatanIndonesia, ya?

Pastikan Anda teliti ketika membaca laman belikreatiflokal.id yang akan menampilkan foto salah satu atau beberapa produk yang dijual oleh para pengusaha kreatif lokal. Tak hanya itu, informasi mengenai kontak media sosial dan akun e-commerce milik para pelaku usaha pun turut dicantumkan untuk memudahkan pembeli yang ingin menghubungi pihak jenama lokal.

4. Minimalisir Metode Pembayaran COD

 

(Foto: dok Freepik)

Uang bisa saja menjadi media penularan Covid-19. Hal ini karena uang sering berpindah tangan dan dapat membawa semua jenis bakteri dan virus. Selama masa pandemi Covid-19, sebaiknya berhati-hatilah ketika bertransaksi menggunakan uang kertas maupun logam.

Sementara itu, sistem pembayaran Cash on Delivery (COD) mengharuskan pembeli membayar produknya saat barang diterima. Oleh karena itu, sebaiknya hindari transaksi COD dan maksimalkan pembayaran secara elektronik.

Selain meminimalisir risiko penularan Covid-19, melakukan pembayaran secara elektronik dapat menghemat waktu saat berbelanja. Namun, pastikan tetap hati-hati dan teliti saat akan melakukan transaksi, ya!

5. Terapkan Protokol Kesehatan Saat Menerima Produk

 

(Foto: dok Freepik)

Saat menerima produk, pastikan Anda menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Pakailah masker rangkap dua dengan masker medis di bagian dalam dan masker kain di bagian luar.

Hal ini tentunya untuk mengoptimalkan pencegahan penularan virus Covid-19. Beberapa masker kain produksi para pengusaha kreatif lokal nampaknya bisa menjadi pilihan untuk menambah koleksi masker kain Anda.

Berbagai masker kain dengan desain yang unik, kualitas tinggi, dan harga yang bersahabat dapat Anda temukan di berbagai jenama lokal yang ada. Seperti halnya tioriabycamaria.official, sepintalbenangrembulan, Petang Hari, Djedjak Daun, Srengenge, dan lain-lain. Jangan lupa siapkan tempat khusus #DiRumahAja untuk menerima paket ya.

Pakailah masker jika harus berinteraksi dengan kurir saat menerima paket atau memberikan tanda tangan bukti penerimaan. Bila diperlukan, semprot kemasan terluar dari paket yang dikirimkan dengan disinfektan sebelum dibuka. Jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun ketika selesai berinteraksi dengan kurir dan membuka paket, ya!

Itulah beberapa tips berbelanja produk lokal yang aman di tengah pandemi Covid-19. Dengan #BeliKreatifLokal, maka Anda telah turut berpartisipasi dalam membantu roda perekonomian Indonesia dapat terus berputar agar #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, menyatakan bahwa kualitas produk lokal tak kalah bersaing dengan produk lainnya. Dengan harga yang lebih terjangkau, masyarakat dapat mendapatkan produk yang berkualitas.

“Pertama, produk-produk lokal itu sudah keren, bagus, kualitasnya kelas dunia, harganya lebih terjangkau, juga ini bisa membantu para UMKM kita yang terdampak pandemi,” kata Sandiaga.

Mencintai produk lokal juga merupakan salah satu bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air. Terlebih, di tengah suasana peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang akan segera tiba dalam waktu dekat ini, tepatnya pada 17 Agustus 2021 mendatang.

“Maksimalkan kesempatan ini untuk mempromosikan produk kepada masyarakat luas. Bahwa produk lokal tidak kalah istimewanya dengan produk luar negeri,” tuturnya.

Selain membeli produk-produk lokal, Anda juga bisa mengikuti serunya suasana 17-an melalui Kompetisi #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia, lho! Kompetisi ini digelar pada 27 Juli sampai 20 Agustus 2021 dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Caranya mudah! Anda tinggal membuat video kreasi berdurasi satu menit menyanyikan salah satu dari tujuh pilihan lagu daerah #DiIndonesiaAja yang tersedia. Anda boleh sambil menari atau bahkan bermain musik, dan mengenakan kostum serta aksesoris dari masing-masing daerah, lho!

Pastikan video berorientasi landscape, lalu unggah melalui Instagram feed Anda dan mention akun instagram @pesonaid_travel. Sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan dan mention tiga orang temanmu pada caption. Pastikan Instagram Anda tidak di-private dan sudah follow akun Instagram @pesonaid_travel.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah serta tak ketinggalan ucapan spesial hari kemerdekaan dari Presiden Joko Widodo. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia dan gift box dari Rumah Digital Indonesia. Video-video kreasi terbaik akan berkesempatan ditayangkan di semua media sosial Pesona Indonesia dan platform rumahdigitalindonesia.id. Yuk, buruan ikut!

Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan lakukan vaksinasi Covid-19 demi menekan angka penyebaran virus Covid-19 guna mendapatkan kekebalan kelompok atau herd immunity. Patuhi protokol kesehatan 6M, yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker yang benar, menjaga jarak, menghindari keramaian, menghindari makan bersama, serta mengurangi mobilitas.

Semua itu tentunya karena #InDOnesiaCARE akan kesehatan dan keselamatan diri Anda dan orang-orang yang Anda sayangi.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini