Kurma Mengandung Banyak Serat, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Antara, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 20:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 298 2456443 kurma-mengandung-banyak-serat-ini-manfaatnya-untuk-tubuh-gJjzv4Jz2n.jpg Ilustrasi buah kurma. (Foto: Freepik)

KURMA dikenal sebagai buah kaya nutrisi. Kurma memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya memberikan pasokan serat yang menyehatkan usus. Sebanyak 3,5 ons kurma memberikan hampir 7 gram serat.

"Kurma pembangkit nutrisi, dikemas dengan serat untuk membantu membuat Anda kenyang lebih lama, serta meningkatkan pencernaan yang sehat dan kesehatan jantung," kata pakar kesehatan Meghan Sedivy RD LDN, seperti dikutip dari laman Real Simple, Senin (16/8/2021).

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Kurma Bisa Tumbuh dalam 5 Fase 

Kurma juga sumber potasium yang membantu otot berkontraksi, saraf berfungsi, dan jantung berdetak secara teratur.

Beberapa antioksidan paling kuat ditemukan di dalam kurma termasuk flavonoid yang terbukti mengurangi risiko diabetes, penyakit alzheimer, jenis kanker tertentu, karotenoid (terbukti meningkatkan kesehatan jantung), serta asam fenolik (dapat membantu menampilkan aktivitas antikanker).

Kurma.

Sebagai manfaat tambahan, Sedivy mencatat kurma juga mengandung berbagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan dapat membantu mencegah risiko penyakit tertentu.

Manfaat lain makanan yang kerap disantap kaum Muslimin, terutama saat bulan Ramadhan, ini juga bisa meningkatkan kekuatan otak.

Baca juga: Kenali 5 Manfaat Kurma yang Sudah Diredam dalam Susu 

Hasil studi menunjukkan konsumsi kurma secara teratur biasanya dikaitkan dengan risiko gangguan neurodegeneratif yang lebih rendah (seperti penyakit alzheimer) dan kinerja kognitif yang lebih baik.

Studi yang sedang berlangsung juga memperlihatkan diet kaya kurma dapat meningkatkan memori.

Porsi dan Tips Mengonsumsi Kurma

Menurut Sedivy, porsi yang tepat saat konsumsi kurma yakni sekira seperempat cangkir, tetapi jika Anda khawatir tentang jumlah gula dan kalori, bisa makan dua hingga tiga buah kurma besar untuk menuai semua manfaat kesehatan yang terkait dengannya.

Cara mudah agar terbiasa mengonsumsi kurma salah satunya dengan menjadikannya makanan pencuci mulut.

Baca juga: Kisah Persalinan Maryam Binti Imran, Pohon Kurma dan Buahnya Menjadi Saksi 

Secara pribadi, Sedivy suka memakannya sebagai camilan. Ia biasanya memakan dua hingga tiga kurma Medjool dengan sesendok besar selai kacang alami untuk membantu mengisi tenaganya sampai waktu makan berikutnya. Cara ini juga memuaskan keinginannya pada sesuatu yang rasanya manis.

Bisa juga mencampurkan kurma ke dalam smoothie. Masukkkan beberapa kurma medjool bersama dengan oat atau susu almond tanpa pemanis, es, dan kayu manis ke blender lalu biarkan semuanya bercampur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini