Tak Selalu Air Putih, Tubuh Juga Butuh Asupan Minuman Berenergi

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 481 2456285 tak-selalu-air-putih-tubuh-juga-butuh-asupan-minuman-berenergi-cmKa4qePml.jpg Ilustrasi. (Foto: Medicalnewstoday)

SESEORANG wajib minum air putih sebanyak 8 gelas sehari dalam aktivitas apapun. Tapi tak cukup air putih saja, terkadang tubuh juga membutuhkan asupan minuman berenergi.

Kebutuhan ini juga bisa berbeda-beda, tergantung, usia hingga aktivitas fisik yang dijalani. Misalnya di saat berolahraga.

Ketika berolahraga atau beraktivitas fisik tak minum air cukup, Anda bisa mengalami gejala dehidrasi. Seperti sakit kepala, mulut kering, tubuh lemas, dan kelelahan otot (kram).

Dituturkan Director, Sport Performance and Education, Herbalife Nutrition Dana Ryan, saat melakukan olahraga tubuh membutuhkan lebih banyak asupan cairan. Meskipun konsumsi air menjadi prioritas utama, ada kalanya juga tubuh butuh tambahan gula dan elektrolit untuk mempertahankan tingkat energi.

 olahraga

"Mengetahui jenis minuman apa yang harus dipilih dan kapan meminumnya merupakan pertimbangan penting," ujarnya lewat keterangannya.

Dijelaskan lebih lanjut, air adalah bahan bakar yang lebih disarankan untuk hidrasi jika Anda sedang beristirahat atau berolahraga ringan. Biasanya, latihan di bawah 60 menit tidak memerlukan minuman suplemen energi.

Terlebih jika Anda berolahraga lebih dari 60 menit sehari. "Tubuh akan membutuhkan elektrolit dari minuman suplemen energi untuk mengisi kembali cairan yang hilang melalui keringat," ujarnya.

Keringat terdiri dari air, tetapi juga mengandung sejumlah besar elektrolit, natrium, dan klorida. Semakin intens berolahraga, semakin banyak Anda berkeringat.

Jadi, semakin banyak mengeluarkan keringat, maka Anda membutuhkan hidrasi yang tepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini