Tanpa Sunscreen, Apakah Cukup Pakai Makeup dengan SPF Saja?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 611 2456421 tanpa-sunscreen-apakah-cukup-pakai-makeup-dengan-spf-saja-As6TjcmOKH.jpg Pakai makeup (Foto: Sites at penn)

SEKARANG ini makin banyak produk makeup yang menambahkan kandungan SPF di dalamnya. Tujuannya supaya pemakai semakin 'ringkas'. Tapi, menjadi pertanyaan apakah SPF di makeup cukup melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr Arini Astasari, SpKK, menjelaskan bahwa Anda tetap membutuhkan sunscreen meski sudah pakai makeup yang mengandung SPF.

 pakai sunscreen

"Yang pertama harus diperhatikan adalah berapa besaran SPF yang ditawarkan produk makeup tersebut. Untuk kondisi Indonesia, kita itu butuh SPF di atas 30 dengan PA lebih dari 2 plus," kata dr Arini belum lama ini.

Kalau memang produk makeup menawarkan SPF sudah di atas 30, maka menjadi perhatian selanjutnya adalah seberapa banyak kandungan sunscreen dalam makeup itu saat diaplikasikan ke wajah.

"Kalau Anda pakai makeup tipis, ya, perlu dipertanyakan kekuatan SPF yang terkandung di makeupnya. Jadi, lebih amannya tetap mengoleskan sunscreen meskipun Anda pakai makeup dengan SPF," terangnya.

Kemudian, poin yang tak kalah penting adalah sunscreen itu mesti 're-apply' artinya dipakai berulang setiap 2 jam sekali. "Menjadi pertanyaan sekarang emangnya Kamu mau re-apply makeup per 2 jam?" tanya dr Arini.

Karena beberapa penilaian tersebut, saran dr Arini, sebaiknya Anda tetap menggunakan sunscreen yang mengandung SPF di atas 30 dengan PA lebih dari 2 plus. Ini diperlukan agar proteksi dari serangan sinar matahari tetap maksimal, sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

Menurut informasi terpisah, SPF dalam makeup ternyata hanya melindungi kulit dari sinar ultraviolet B (UVB). Sinar UVB ini adalah sinar yang dapat merusak lapisan kulit luar, menyebabkan kemerahan pada kulit, serta menimbulkan efek terbakar matahari.

Tapi, makeup dengan SPF tidak dapat menangkal UVA. Padahal, sinar UVA ini yang lebih berbahaya dibanding UVB. Ya, sinar UVA dapat menembus kulit, merusak lapisan kolagen, bahkan meningkatkan risiko kanker kulit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini