Bukan di Ujung Jari, Begini Cara Periksa Kolesterol yang Akurat

Antara, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 09:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 612 2456154 bukan-di-ujung-jari-begini-cara-periksa-kolesterol-yang-akurat-mZzdUCCARv.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KADAR kolesterol dalam tubuh dapat berpengaruh pada beberapa risiko penyakit. Jika terlalu tinggi, maka akan meningkatkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular. 

Bahkan, kolesterol tinggi bisa menimbulkan gejala yang berat seperti serangan jantung ataupun stroke. Karenanya, ada baiknya jika pemeriksaan kolesterol dilakukan secara rutin.

Tapi berbeda dengan gula darah, pemeriksaan kolesterol untuk mengetahui ada tidaknya kelainan atau dislipidemia tidak dianjurkan melalui ujung jari.

Ketua Divisi Endokrin Metabolik dan Diabetes, Departemen Penyakit Dalam FKUI-RSCM, Dr. dr. Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD, KEMD, mengatakan, pemeriksaan kolesterol lewat ujung jari hasilnya tidak akurat.

Kolesterol

"Kami tidak anjurkan karena pemeriksaan kolesterol dari sumber kapiler atau ujung jari yang ditusuk, itu tidak akurat," ujar dia dalam webinar.

Menurut Tri Juli, pemeriksaan kolesterol akan lebih akurat hasilnya bila dilakukan dari pembuluh darah vena, bukannya pembuluh kapiler seperti di ujung jari pada pemeriksaan gula darah.

"Beda dengan gula darah untuk monitor memang sudah di-approved. Untuk kolesterol tidak kami anjurkan pemeriksaan dari sumber darah kapiler tetapi dari vena," kata dia.

Dislipidemia umumnya tidak bergejala sehingga diagnosis penyakit ini tak bisa semata dilihat dari tampilan fisik kecuali pada kasus esktrem seperti xantelasma pada kelopak mata atau xantoma tendon achiles, siku dan lutut serta lipatan-lipatan sendi. Kondisi ini terjadi saat LDL sangat tinggi yakni lebih dari 190 mg/dl.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini