Presiden Jokowi Pakai Alas Kaki saat Kenakan Baju Badui, Bolehkah?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 612 2456287 presiden-jokowi-pakai-alas-kaki-saat-kenakan-baju-badui-bolehkah-PustPqZeSF.jpg Presiden Jokowi pakai pakaian adat Suku Badui (Foto : YouTube/Sekretariat Presiden)

PRESIDEN Jokowi tampil nyentrik di tengah pejabat publik. Ya, menghadiri Sidang Tahunan MPR RI 2021, kali ini Jokowi mengenakan pakaian adat suku Badui, Banten.

Nilai kesederhanaan menjadi alasan Jokowi mengenakan pakaian hitam-hitam tersebut. Selain itu, kenyamanan dari busana tersebut pun menjadi alasan lain dirinya memilih pakaian adat Suku Badui di momen penting kenegaraan yang berlangsung Senin pagi, 16 Agustus 2021.

Dari tampilannya itu, banyak netizen yang mempertanyakan mengapa Jokowi mengenakan alas kaki padahal warga Badui terkenal dengan tanpa alas kaki. Untuk menjawab itu, MNC Portal coba mewawancarai salah seorang pengurus suku Badui yaitu Agus, Sekretaris Desa Badui yang biasa disebut Carik.

Presiden Jokowi

"Benar, Jokowi memang mengenakan alas kaki berupa sandal, dan itu tidak masalah, karena tujuannya memang untuk memantaskan tampilan secara keseluruhan dan konteks acaranya juga kenegaraan, acara formal," katanya melalui pesan singkat, Senin (16/8/2021).

Baca Juga : Tas Koja Presiden Jokowi Curi Perhatian, Ternyata Ini Filosofinya

Agus melanjutkan, Jokowi mengenakan alas kaki juga agar lebih etis saja dalam berpenampilan di depan publik. Hal ini juga dilakukan beberapa warga Badui saat bepergian ke luar daerah.

Presiden Jokowi

"Warga Badui memang terkenal tanpa alas kaki, itu sudah jadi aturan adat dari leluhur kami. Meski, sekarang ada masyarakat yang menggunakan alas kaki saat keluar daerah, tapi aturannya warga Badui tetap dilarang menggunakan alas kaki," paparnya.

Baca Juga : Selain Sederhana, Ini Alasan Presiden Jokowi Pakai Pakaian Adat Suku Badui

Carik Badui ini pun menambahkan bahwa sandal yang dikenakan Jokowi itu bukan bagian dari pakaian adat suku Badui, melainkan pemantas tampilan saja. Dan hal tersebut bukan sesuatu yang mencederai baju adat suku Badui itu sendiri.

"Jokowi hari ini itu mengenakan baju kampret hitam dipadukan dengan tas koja yang diselempangkan di badan. Ikat kepala lomar pun dipakainya. Nah, adapun sandal yang dipakai, itu hanya tambahan dan pemantas saja, bukan bagian dari pakaian Badui," tambah Agus.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini