Share

Ini Cara Aman Rayakan HUT Ke-76 RI saat Pandemi, Bisa Pererat Hubungan Keluarga

Antara, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 612 2456360 ini-cara-aman-rayakan-hut-ke-76-ri-saat-pandemi-bisa-pererat-hubungan-keluarga-6HGuY8tKT1.jpg Ilustrasi cara aman merayakan HUT ke-76 RI di tengah pandemi. (Foto: Tirachardz/Freepik)

MOMEN hari ulang tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia masih dalam suasana pandemi covid-19. Tapi ternyata keadaan ini bisa lebih mempererat hubungan keluarga, yakni melalui perayaan kemerdekaan secara virtual.

Di samping itu, melalui cara demikian, keluarga besar bisa mengajarkan bersama-sama konsep nasionalisme dari peringatan HUT ke-76 RI meski terpisah jarak dan waktu.

Baca juga: Cara Membuat Tumpeng Merah Putih Meriahkan HUT Ke-76 RI 

"Kalau dulu ya kita merayakannya sama tetangga ya bikin lomba- lomba. Kalau sekarang kan belum bisa kayak gitu. Nah, adakan saja bikin acara virtual bersama grup keluarga besar," kata psikolog lulusan Universitas Indonesia (UI) Ajeng Raviando, seperti dikutip dari Antara, Senin (16/8/2021).

Ilustrasi pertemuan virtual. (Foto: The Verge)

"Bikin lomba tebak tokoh pahlawan nasional. Nanti yang menang bisa dapat hadiah. Jadi merayakan hari kemerdekaan untuk mengingat perjuangan pahlawan di tengah pandemi ini bisa lewat mana saja," jelasnya.

Baca juga: Doa Sidang Tahunan Parlemen, Habib Nabiel: Yaa Allah Akhiri Pandemi Covid-19 di Negeri Kami 

Ia mengatakan dengan kreativitas dan keaktifan orangtua yang memiliki buah hati berusaha menghadirkan suasana perayaan kemerdekaan maka konsep peringatan sebuah perjuangan di masa sulit bisa tersampaikan dengan baik kepada anak.

Anak-anak pun bisa memiliki memori yang baik tentang peringatan hari kemerdekaan yang menjadi salah satu jalan menumbuhkan rasa nasionalisme.

Supaya makin terasa suasana perayaannya, anak-anak juga bisa ikut terlibat dalam menyiapkan perayaan kemerdekaan saat di rumah.

Misalnya saat akan memasang Bendera Merah Putih di depan rumahnya sebagai simbol perayaan kemerdekaan sekaligus mengapresiasi perjuangan para pahlawan yang gugur memperjuangkan kebebasan Indonesia dari para penjajah.

Baca juga: Krisdayanti Anggun Pakai Kebaya Merah di Sidang Tahunan MPR RI Virtual 

Kemudian seperti orangtua bisa mengajak anak menghias kamarnya dengan pernak-pernik khas perayaan kemerdekaan dengan membuat bendera-bendera mini atau menggunakan kostum yang berkaitan dengan perayaan hari kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Dengan cara-cara itu. Anak-anak tetap bisa mengingat perayaan kemerdekaan tetap diperingati dengan cara yang asyik. Anak jadi bisa terinspirasi untuk bisa menghormati dan menghargai (makna kemerdekaan). Itu bukan hal yang sulit untuk orangtua lakukan meski di rumah saja," tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini