Share

Tidak Banyak Diketahui, 6 Bumbu Dapur Ini Bisa Usir Tikus dari Rumah

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 16 Agustus 2021 23:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 612 2456510 tidak-banyak-diketahui-6-bumbu-dapur-ini-bisa-usir-tikus-dari-rumah-kwDt4c3TdZ.jpg Ilustrasi bumbu dapur pengusir tikus. (Foto: Shutterstock)

ADANYA tikus di dalam rumah tentu sangat mengganggu para penghuni. Sebab, sejumlah benda seringkali dirusak oleh hewan pengerat tersebut. Maka itu, banyak orang membeli obat pembasmi tikus. Tapi ternyata ada beberapa bumbu dapur yang murah meriah dan ampuh mengusir tikus lho.

Seperti dikutip dari laman Times of India, Senin (16/8/2021), berikut ini daftar bumbu dapur yang ternyata bisa mengusir tikus dari dalam rumah.

Baca juga: 4 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Ternyata Bukan Bumbu Dapur Biasa! 

1. Bawang merah

Bawang merah tidak hanya lezat untuk dijadikan sebagai bumbu hidangan masakan saja, akan tetapi juga dapat mengusir tikus. Hal ini disebabkan tikus membenci bau bawang yang menyengat. Tapi hati-hati bagi Anda yang mempunyai hewan peliharaan di rumah. Pantau selalu aktivitas hewan Anda karena bawang dapat menjadi racun bagi hewan peliharaan.

Bawang merah.

2. Serpihan cabai

Ini merupakan cara paling murah dan gampang untuk mengusir hama dari rumah Anda yaitu cukup dengan serpihan cabai. Cara penggunaanya adalah dengan menaburkan lada di sepanjang pintu masuk dan sudut lainnya yang sering dijadikan tempat persembunyian tikus.

3. Bawang putih

Bumbu dapur satu ini juga dapat di temui dan dapat dibuat menjadi bahan mengusir tikus. Buat ramuan anti-tikus Anda sendiri dengan mencampur bawang putih cincang dengan air. Anda juga dapat meninggalkan siung bawang putih di pintu masuk rumah Anda.

Baca juga: Manfaat Bawang Putih, Si Bumbu Dapur yang Bantu Jaga Kesehatan Selama Pandemi 

4. Cengkih atau minyak cengkih

Anda bisa menyiapkan cengkih dan minyak cengkih. Anda bisa memilih satu opsi untuk dijadikan bumbu untuk mengusir hama dari rumah Anda. Hal itu dipercaya bahwa tikus tidak suka cengkih. Tempatkan seikat cengkih di lantai atau dekat lubang tikus.

5. Minyak peppermint

Bumbu dapur ini dipercaya dapat mengusir tikus dari rumah. Hal ini disebabkan tikus tidak suka bau peppermint. Anda bisa memasukkan minyak peppermint ke bola kapas dan meletakkannya di titik masuk serta sudut lain yang menurut Anda bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi makhluk kecil tersebut.

Baca juga: Selain Menambah Kelezatan Masakan, 4 Bumbu Dapur Ini Ampuh Obati Pilek 

6. Kentang instan

Makanan yang enak untuk digoreng ini ternyata juga bisa jadi bahan untuk mengusir tikus dari rumah. Caranya dengan menaburkan bubuk kentang instan di mana-mana yang menurut Anda sering didatangi tikus. Tikus akan memakan bubuknya, tetapi serpihan kentang akan membengkak di usus tikus, akhirnya membunuh mereka.

Kentang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini