Menkes Sebut Manusia Akan Hidup Lebih Lama dengan Covid-19

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 17 Agustus 2021 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 481 2456905 menkes-sebut-manusia-akan-hidup-lebih-lama-dengan-covid-19-IQhN4R07ex.png Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

PANDEMI covid-19 yang sudah melanda sekira 18 bulan menimbulkan banyak pertanyaan, salah satunya: Kapan akan berakhir? Sayangnya hal ini belum bisa dijawab dengan pasti, apalagi adanya sejumlah mutasi virus yang lebih menular daripada jenis sebelumnya.

Terkait pernyataan tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia mungkin akan lebih lama hidup berdampingan dengan covid-19.

Baca juga: Menkes: Ada Orang Indonesia Mau Divaksin Covid-19 Lihat Tetangganya Dulu 

"Kalau kita amati, kita akan lebih lama hidup dengan virus ini. Enggak akan virus ini cepat hilang," ujar Menkes Budi dalam Konferensi Pers Evaluasi dan Penerapan PPKM yang disiarkan kanal YouTube Perekonomian RI, Senin 16 Agustus 2021.

Inilah kenapa penerapan protokol kesehatan yang sudah disesuaikan sedemikian rupa sangat penting dijalankan. "Oleh karena itu, perlu membangun prokes yang bisa mengatur tata kehidupan kita sehari-hari yang aman, tapi tetap bisa beraktivitas agar ekonomi tetap jalan," tambahnya.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

Adjusting atau penyesuaian protokol kesehatan berbasis teknologi digital melalui aplikasi PeduliLindungi saat ini sudah dimulai di ratusan mal.

"Ini kita sudah mulai dengan mal. Mal sudah kita pasangkan prokes berbasis teknologi digital di lebih 180 mal. Sekarang kita sudah uji coba itu. Sudah 1 juta orang yang sudah kita check-in," lanjut Menkes.

Baca juga: Menkes: Kado Terindah HUT Ke-76 RI adalah Gotong Royong Atasi Pandemi 

Setelah mal, penerapan metode yang sama akan diberlakukan di berbagai sektor industri yang menyangkut hidup orang banyak.

"Atas permintaan Menko, kita akan coba terapkan itu ke industri. Kita akan coba di transportasi baik itu darat, laut, udara, keagamaan, pendidikan, pariwisata. Jadi semua kegiatan kehidupan kita sehari-hari akan di-adjust/disesuaikan prokesnya dan diterapkan dengan teknologi digital," tegas Menkes Budi Gunadi Sadikin.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini