3 Cara Mudah Hindari Varian Delta dan Delta Plus

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 17 Agustus 2021 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 612 2456622 3-cara-mudah-hindari-varian-delta-dan-delta-plus-V6ZCv8AL8T.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIDAKNYA ada dua varian baru Covid-19 yang menjadi kekhawatiran banyak negara, yakni Delta dan Delta Plus. Pasalnya, varian ini diklaim lebih mudah menyebar dan lebih cepat menginfeksi seseorang.

Memang, adalah hal yang wajar ketika sebuah Virus mengalami mutasi. Lantas bagaimana caranya untuk menghadapi virus yang bermutasi ini?

Merangkum dari laman Instagram resmi Satgas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Senin (16/8/2021), menjelaskan bahwa ada tiga cara utama yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk menghadapi virus Covid-19 yang bermutasi. 

1.Tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (Prokes) 3M yakni mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, dan selalu menggunakan masker saat beraktivitas.

2.Perkuat sistem imun tubuh dengan berolahraga, istirahat cukup, hati gembira, konsumsi makanan bergizi, dan dapat memanfaatkan ramuan tradisional secara bijak.

3.Lakukan vaksinasi saat mendapatkan kesempatan.

Tujuan utama vaksinasi adalah membentuk kekebalan tubuh, menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, dan menjaga produktivitas serta meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

Jangan takut dengan kejadian ikutan setelah imunisasi atau vaksinasi. Gejala ini sering dikenal dengan istilah kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI). KIPI yang dialami seseorang bisa berbeda-beda. 

Umumnya gejalanya ringan, walaupun dapat memengaruhi aktivitas harian seperti sakit dan bengkak pada bekas suntikan, sakit kepala, kelelahan, serta demam.

Gejala ini biasanya hilang dalam waktu beberapa hari. Dianjurkan untuk cukup istirahat sebelum dan setelah divaksinasi. 

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini