Share

Ini 3 Tokoh Penting di Balik Perumusan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Pradita Ananda, Okezone · Selasa 17 Agustus 2021 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 612 2456776 ini-3-tokoh-penting-di-balik-perumusan-naskah-proklamasi-kemerdekaan-indonesia-sA5QyOEpnL.jpg Diorama penyusunan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. (Foto: Okezone)

PROSES deklarasi proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 sejatinya sudah dimulai dua hari sebelumnya. Pada tanggal 15 Agustus, para pemuda membawa Ir Soekarno dan Mohammad Hatta ke Rengasdengklok dengan tujuan bisa segera mendeklarasikan kemerdekaan. Tapi saat itu hingga 16 Agustus tidak ada kesepakatan apa pun yang tercapai.

Akhirnya Ahmad Soebardjo tiba di Rengasdengklok dan membujuk kaum pemuda untuk melepaskan Soekarno-Hatta. Permintaan ini pun dituruti oleh kaum pemuda dengan persyaratan proklamasi kemerdekaan dilakukan keesokan harinya.

Baca juga: Gaya Hijab Kemerdekaan ala Ria Ricis hingga Aurel Hermansyah, Cantik Banget 

Hari itu juga Soekarno-Hatta bersama Ahmad Soebardjo menuju kediaman Laksamana Maeda. Awalnya atas usul Laksamana Maeda, Soekarno-Hatta dan Ahmad Soebardjo menemui Gunseikan (Kepala Pemerintah Militer) Jenderal Moichiro Yamamoto untuk berdiskusi.

Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. (Foto: ANRI)

Tapi, diskusi tersebut diketahui tidak menghasilkan apa pun, dan membuat Soekarno-Hatta serta Ahmad Soebardjo sadar kalau mereka harus bergerak cepat untuk mengumumkan kemerdekaan.

Di bawah pimpinan Sukarni dari kaum pemuda, Soekarno-Hatta serta Ahmad Soebardjo dan anggota PPKI yang menginap di Hotel Des Indes segera dikawal menuju rumah Laksamana Maeda.

Baca juga: Deretan Ucapan HUT Ke-76 RI, Korbarkan Semangat Persatuan 

Seperti dikutip dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Selasa (17/8/2021), pada pukul 03.00 WIB dini hari ketiga tokoh yakni Ir Soekarno, Mohammad Hatta, serta Ahmad Soebardjo berkumpul di ruang makan kediaman Laksamana Maeda dan langsung menyusun naskah proklamasi.

Selama dua jam, ketiganya menyusun naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia dan akhirnya setelah dua jam naskah proklamasi pun selesai.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Rumusan naskah proklamasi tersebut lalu diserahkan kepada Sayuti Melik untuk diketik. Tanpa waktu lama, Sayuti Melik didampingi BM Diah langsung mengetik naskah proklamasi. Setelah itu, naskah diserahkan kembali kepada Ir Soekarno untuk ditandatangani.

Baca juga: Pakai Baju Adat Lampung, Netizen Puji Presiden Jokowi Keren 

Esok harinya, 17 Agustus 1945, tepat pukul 10.00 WIB, bertempat di halaman rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, naskah proklamasi dibacakan. Ir Soekarno membaca naskah proklamasi dalam suasana penuh khidmat dan momen prosesi sederhana serta tanpa protokol.

Momen peristiwa penting pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia ini disebutkan lebih lanjut diabadikan oleh dua pewarta, Frans dan Alex Mendoer dari IPPHOS. Sementara penyebaran berita kemerdekaan Indonesia lewat mulut ke mulut, radio, surat kabar, dan telegram dilakukan oleh BM Diah dan Jusuf Ronodipuro.

Ir Soekarno membacakan naskah proklamasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini