Hormati Nakes, Ganjar Pranowo Pimpin Upacara Kemerdekaan Pakai Hazmat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 17 Agustus 2021 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 612 2456829 hormati-nakes-ganjar-pranowo-pimpin-upacara-kemerdekaan-pakai-hazmat-jMP3xuAMr8.jpg Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin upacara kemerdekaan mengenakan baju hazmat. (Foto: Instagram @ganjar_pranowo)

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengejutkan media sosial karena tampil mengenakan hazmat saat memimpin Upacara 76 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa 17 Agustus 2021. Ada alasan khusus dia menggunakan baju tersebut.

Berdasarkan keterangan unggahan akun Instagram-nya, Ganjar Pranowo mengenakan baju hazmat sebagai bentuk rasa hormat untuk para tenaga kesehatan (nakes) yang sampai sekarang tidak pernah berhenti mengatasi covid-19 dan menjamin keselamatan masyarakat.

Baca juga: Ini 3 Tokoh Penting di Balik Perumusan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 

Tidak hanya itu, alasan lain Ganjar mengenakan hazmat dan APD lengkap lainnya karena peserta upacara diketahui diikuti juga seratusan pasien covid-19 yang diisolasi di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah.

"Hormat kami setinggi-tingginya untuk para tenaga kesehatan. Di momen kemerdekaan ini, saya memimpin upacara di Asrama Haji Donohudan yang sekarang dijadikan pusat isolasi. Selain para nakes, upacara diikuti juga seratusan pasien isolasi covid-19," jelas Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin upacara kemerdekaan mengenakan baju hazmat. (Foto: Instagram @ganjar_pranowo)

Dari unggahan yang kini sudah disukai lebih dari 85 ribu netizen itu, diketahui juga bahwa ada makna lain hazmet menurut Ganjar Pranowo. Ya, menurut dia, hazmet itu bisa menjadi penyebar semangat ke nakes maupun pasien covid-19 yang kini masih berjuang melawan wabah penyakit.

"Dengan hazmat ini, saya dan juga saudara-saudara yang sedang menjalani isolasi berharap bisa ketularan semangat dan spirit kemanusiaan teman-teman tenaga kesehatan dalam berjuang melawan pandemi," papar Ganjar.

"Momen ini sangatlah patut kita bergerak untuk saling menguatkan. Merdeka!" tambahnya.

Baca juga: Pakai Baju Adat Lampung, Netizen Puji Presiden Jokowi Keren 

Ganjar mengenakan hazmet putih dipadukan dengan sarung tangan dan boots oranye. Untuk masker, ia mengandalkan double mask medis dengan bagian depan berupa masker motif bendera Indonesia, merah-putih.

Terlihat juga di foto tersebut Ganjar mengenakan penutup kepala biru dan ada juga goggle transparan yang diharapkan melindungi matanya dari risiko paparan virus.

Bagaimana reaksi netizen melihat aksi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ini?

"Respect dan sangat menginspirasi, pak," tulis akun @sudungsija*** di kolom komentar.

Baca juga: Upacara HUT Ke-76 RI, Wapres Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Serasi Kenakan Pakaian Adat Sunda 

"Pak, jenengan pancen oye banget," puji @els_christ***.

"Out of the Box! Upacara di pusat isolasi," komentar @ifah****.

"Masya Allah, sehat selalu Pak Ganjar. Terima kasih untuk apresiasinya. Saya sebagai tenaga kesehatan sangat terharu," ungkap @nurulhandaya****.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini