Share

Dijamin Seru, Merayakan Suasana Kemerdekaan dengan Lomba Bareng Keluarga #DiRumahAja

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 12 2457524 dijamin-seru-merayakan-suasana-kemerdekaan-dengan-lomba-bareng-keluarga-dirumahaja-YCAdiPxEtO.jpg Foto: Shutterstock

Momen HUT RI atau 17-an tahun ini memang terasa berbeda. HUT RI tahun ini dirayakan di tengah pandemi dan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Namun begitu, masih dengan semarak HUT RI ke-76 bisa tetap seru dan penuh kemeriahan dengan perlombaan bareng keluarga #DiRumahAja. Bersama anggota keluarga, Anda bisa tetap memeriahkan HUT RI tahun ini dengan berbagai perlombaan seru serta dapat mengusir kebosanan saat di rumah.

Ingat, jangan biarkan pandemi meredupkan semangat kita dalam merayakan HUT RI tahun ini, ya. Tinggal pilih deh satu atau beberapa ide untuk kita tetap bisa merayakan 17-an dengan penuh keseruan bersama keluarga #DiRumahAja, berikut pilihannya:

1. Lomba Tusuk Balon

 

Foto. Shutterstock

Lomba memecahkan balon berisi air atau dikenal dengan sebutan lomba tusuk balon, bisa Anda lakukan bersama keluarga. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan balon berisi air yang digantung sesuai dengan rata-rata tinggi anggota keluarga.

Menariknya, peserta perlombaan ini diharuskan menutup mata dan mencari sendiri balon yang akan dipecahkan dengan menggunakan kayu. Agar makin seru, pastikan seluruh anggota keluarga mengikuti lomba ini di rumah, ya.

Jangan lupa, supaya lebih aman #BeliKreatifLokal kebutuhan pernak-pernik lomba secara online ya, baik melalui akun media sosial para pelaku usaha atau platform e-commerce kesukaan Anda.

2. Masukan Sedotan ke Botol

 

Foto.Shutterstock

Lomba yang satu ini juga tak kalah mudah. Bahannya hanya botol, tali kasur atau plastik, dan sedotan. Ikat sedotan dengan tali, kemudian ikat tali tersebut di bagian pingggang Anda.

Tali yang mengikat sedotan diukur panjangnya dan batasnya berada di atas mulut botol. Jangan sampai kepanjangan karena tangan peserta tidak boleh menyentuh tali. Taruh botol di seberang para peserta, dalam hitungan ketiga, peserta berlari kearah botol untuk memasukkan sedotan ke dalam botol. Butuh konsentrasi dan kesabaran dalam permainan ini, lho.

Coba cek platform e-commerce dari gadget Anda untuk #BeliKreatifLokal kebutuhan lomba atau hadiah yang lucu dan unik bagi para pemenang ya. Hal ini bisa menambah keseruan serta semangat para peserta lomba, jadi jangan lupa untuk #BeliKreatifLokal ya!

3. Lomba Makan Kerupuk

 

Foto.Shutterstock

Lomba yang satu ini sangat umum dan mudah dilakukan, lho. Caranya tinggal menggantungkan kerupuk dengan tali plastik sesuai tinggi para peserta lomba.

Dalam hitungan ketiga, peserta diminta makan kerupuk hingga habis dengan tangan dibelakang, yang paling cepat habis keluar sebagai juaranya. Jangan lupa siapkan hadiahnya, ya. Untuk hadiah pemenang Anda bisa #BeliKreatifLokal dari pelaku ekonomi kreatif, seperti baju @redboxgifts, dompet @muff.up, dan sling bag @unkl347hq.

4. Lomba Tebak Tentang #DiIndonesiaAja

 

Foto.Shutterstock

Merayakan 17-an di rumah bersama anggota keluarga tidak lengkap tanpa mengadakan lomba tebak-tebakan seputar kemerdekaan. Persaingan antara tim dari anggota keluarga dan momen adu wawasan kayak gini dijamin bikin perayaan 17 Agustus tahun ini tambah berkesan.

Beberapa ide pertanyaan yang bisa Anda ajukan, seperti tebak lagu-lagu daerah yang ada #DiIndonesiaAja, misalnya “Darimana lagu Apuse berasal?” maka jawabannya adalah Papua. Atau pertanyaan lainnya seperti “Siapa bapak Proklamator Indonesia?” maka jawabannya adalah Ir. Soekarno, atau pertanyaan lainnya seputar kemerdekaan maupun khas Indonesia, Agar suasana makin nyaman, selama lomba tebak-tebakan berlangsung, Anda bisa menikmati beberapa camilan dari pelaku ekonomi kreatif, seperti chicken katsu dari @sini.makanlah, bomboloni cake dari @redboxgifts, atau mie rebus dengan kaldu udang @ems.kitch.

5. Lomba Kreasi Melodi Kemerdekaan

 

Masih dalam suasana Kemerdekaan, Anda bisa mengikuti lomba 17-an yang seru #DiRumahAja. Salah satunya dengan ikutan Kompetisi #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia periode 27 Juli sampai 20 Agustus 2021.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah serta tak ketinggalan ucapan spesial hari kemerdekaan dari Presiden Joko Widodo. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia dan gift box dari Rumah Digital Indonesia.

Video-video kreasi terbaik juga berkesempatan ditayangkan di semua media sosial Pesona Indonesia dan platform rumahdigitalindonesia.id. Yuk, buruan ikut!

Caranya, buatlah video kreasi menyanyikan lagu daerah #DiIndonesiaAja dengan pilih salah satu lagu daerah favorit Anda. Agar makin meriah, bisa sambil menari dan bermain musik, atau menggunakan kostum, hingga aksesori dengan #BeliKreatifLokal dari pelaku ekonomi kreatif, ya.

Upload video di Instagram feed Anda, jangan lupa mention akun Instagram @pesonaid_travel dan sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan pada caption. Pastikan akun Anda tidak di-private dan sudah follow akun Instagram @pesonaid_travel, lho!

Segera buat video kreasi saat Anda menyanyikan lagu daerah #DiIndonesiaAja!

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak masyarakat untuk tetap optimistis dan bersemangat selama masa pandemi Covid-19. Termasuk dalam menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia.

Salah satu caranya adalah dengan bermusik. "Bangsa kita yang begitu kaya akan keberagaman, dengan musik yang bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat, kita menjadi semangat, menjadi bangsa yang besar, dan bangga dengan budayanya," kata Menparekraf.

Beberapa lomba untuk memeriahkan HUT RI ke-76 di atas bisa Anda lakukan bersama keluarga #DiRumahAja. Lomba-lomba tersebut tidak hanya dapat mengusir rasa bosan, tapi juga menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air.

 

Foto. wonderfulimage.id

Sebagai warga negara yang baik, kita juga wajib mendukung upaya Pemerintah dalam memerangi pandemi. Dukungan yang kita berikan sebagai wujud #InDOnesiaCARE yaitu seperti disiplin menerapkan 6M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama.

Di samping itu, Anda juga harus berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 agar tercipta kekebalan tubuh dari ancaman virus corona demi #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh. (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini