Share

Rekomendasi Kuliner Nusantara Penggugah Selera

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 12 2457532 rekomendasi-kuliner-nusantara-penggugah-selera-5xrMRPvnRQ.jpg Foto: Dok.Wonderfulimage.id

Kuliner Nusantara dikenal dengan cita rasa lezat dan menggugah selera. Hampir tiap daerah #DiIndonesiaAja memiliki makanan khas masing-masing dengan cita rasa yang unik. Selain itu, tiap daerah bisa saja punya lebih dari satu masakan khasnya yang enak dan wajib Anda coba.

Maka tidak heran jika kuliner Nusantara terkenal hingga seantero dunia. Hal ini tentu saja tidak lepas dari perpaduan bumbu rempah yang terkandung dalam setiap masakannya.

Karena hal itu, wisata kuliner menjadi agenda wajib ketika datang ke daerah-daerah tertentu. Pada masa perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang membuat sebagian besar masyarakat beraktivitas #DiRumahAja, masakan Nusantara bisa menjadi pilihan dalam menemani aktivitas harian.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Nusantara dengan Nama Nyeleneh, Kerupuk Melarat hingga Sate Lalat

Berikut rekomendasi kuliner Nusantara penggugah selera, yang bisa Anda nikmati di rumah bareng keluarga. Yuk, disimak dan pilih mana kuliner favorit Anda?

1. Lempah Kuning (Bangka Belitung)

 

Foto: @lempahkuning.banghanif

Saat berkunjung ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ketika pandemi sudah mereda, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas daerah ini, yaitu lempah kuning. Masakan ini tidak menggunakan santan, dan didominasi rasa pedas, serta asam.

Cara membuatnya, bersihkan ikan kerapu, buang semua sirip, sisik, dan isi perut kerapu. Cuci bersih ikan, tiriskan hingga tidak ada air yang menetes. Haluskan bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kemiri, dan terasi. Kemudian tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan garam, gula, asam, daun salam, dan juga air. Lalu masukkan ikan, masak hingga bumbu meresap, dan kuah mendidih.

Santapan kuliner ini siap dinikmati bersama nasi hangat bersama keluarga #DiRumahAja. Bagi yang ingin praktis, bisa langsung mengunjungi akun media sosial @lempahkuning.banghanif, untuk pesan secara online.

2. Mie Lendir (Kepulauan Riau)

Foto: Instagram @mielendirlegenda

Mie lendir merupakan salah satu makanan khas dari Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Mie Lendir ini sama halnya dengan mie biasa, yaitu mie kuning. Akan tetapi, yang membedakan makanan ini dengan mie kuning pada umumnya karena kuah yang seperti lendir.

Cara membuatnya dimulai dengan menggoreng kacang hingga matang, lalu di blender sampai halus. Blender juga bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan jahe hingga halus. Jangan lupa iris-iris gula Jawa. Tumis dengan sedikit minyak bumbu yang sudah di blender, lalu masukkan kacang, air, dan gula Jawa. Tambahkan 2 sendok makan tepung maizena, lalu larutkan dengan 500 ml air.

Setelah kuah jadi, masukkan mie ke dalam piring, taburkan taoge di atas mie, terakhir siram dengan kuah kental yang telah dimasak sebelumnya. Sebagai pelengkap, jangan lupa rebus hingga matang 2 butir telur ayam. Mie lendir siap disajikan. Bagi yang ingin cepat dan tidak repot menikmati mie lendir bisa juga pesan di @mielendirlegenda, ya!

3. Kuliner Rabeg (Banten)

Foto: Instagram @rabegkambing_mamamimin

Rabeg adalah salah satu kuliner khas Banten. Rabeg merupakan olahan daging kambing yang diolah dengan cita rasa Timur Tengah yang gurih, manis, dan kental. Salah satu kunci kelezatan dari masakan ini adalah rempah-rempahnya yang menyelimuti daging kambing, yakni pala, cengkih, kayu manis, dan merica.

Anda wajib menyediakan semua rempah ini demi menghasilkan rasa yang otentik. Supaya daging kambing yang dihasilkan mampu meresap bumbu dengan sempurna, masak daging kambing beserta bumbu dan rempah di atas api kecil, lalu tutup wajan atau panci supaya air tak lekas menyusut. Rabeg siap dihidangkan. Anda juga bisa mendapatkan kuliner rabeg di @rabegkambing_mamamimin.

4. Mie Kocok (Jawa Barat)

Foto: Instagram @amieh_kocok

Racikan mie kocok khas Bandung, Jawa Barat, sayang jika dilewatkan oleh para pecinta kuliner. Mie kocok Bandung bisa dinikmati saat sarapan atau makan siang. Isinya juga sangat bervariasi yaitu ada kikil sapi yang direbus empuk, taoge, mie, tetelan, serta lemak sapi. Untuk menambah kenikmatan ketika dimakan, mie kocok juga disajikan dengan kerupuk kanji, sambal rawit, serta kucuran air jeruk limau.

Agar kaldu mie kocok khas Bandung ini semakin gurih dan enak, rebus tetelan sapi berikut lemaknya hingga empuk. Pilihlah mie telur yang pipih untuk mendapatkan tekstur yang pas. Jangan lupa sajikan selagi hangat, agar semakin nikmat! Jika tak mau repot membuatnya, Anda bisa pesan mie kocok di @amieh_kocok yang bisa menemani aktivitas #DiRumahAja.

5. Soto Kudus (Jawa Tengah)

Foto: Instagram @soto_kudus_kencana

Bergeser ke Kudus, salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan menu soto ayamnya. Biasa disebut soto kudus merupakan kuliner soto berisi ayam yang disajikan dengan kuah bening. Soto Kudus bisa dinikmati langsung dengan campuran nasi ataupun dipisah, tergantung selera namun tetap nikmat. Semakin asyik, banyak lauk pelengkap yang disajikan bersama soto Kudus. Ada perkedel, tempe goreng, satai jeroan, hingga satai telur puyuh.

Membuatnya pun cukup mudah, potong ayam menjadi empat bagian, didihkan air secukupnya, masukkan ayam bersama lengkuas, daun salam, serai, dan bumbu halus. Rebus dengan api kecil hingga ayam lunak.

Angkat ayam, lalu tiriskan ayam hingga kering. Goreng ayam hingga sedikit kering, kemudian suwir-suwir dagingnya. Lengkapi penyajian dengan taoge, suwiran ayam, siram dengan kaldu panas, dan sajikan. Jika Anda ingin lebih praktis, Anda hanya perlu memesan Soto Kudus di @soto_kudus_kencana, atau pesan melalui aplikasi pesan antar ya!

6. Sup Rawon (Jawa Timur)

Foto: Instagram @rumah.rawon

Rawon, hidangan sup daging berkuah hitam menjadi ikon kuliner Jawa Timur. Warna hitam pada kuah rawon berasal dari bumbu khas Indonesia bernama keluak. Penambahan bumbu keluak tak hanya memberi warna hitam, melainkan juga rasa legit pada kuah rawon.

Cara membuatnya, panaskan sedikit minyak untuk menumis. Masukkan bumbu halus, daun jeruk, dan serai, lalu masak sampai aromanya keluar. Tambahkan daging, aduk rata, dan masak sampai daging berubah warna. Tambahkan air dan garam, merica bubuk, air asam, serta gula pasir. Masak rawon di atas api kecil sampai kuah mendidih dan daging empuk.

Terakhir, sebelum diangkat, tambahkan daun bawang, lalu aduk rata. Rawon siap disajikan. Anda bisa pesan online dari pengusaha lokal @rumah.rawon bagi yang tidak sempat membuatnya di rumah.

7. Satai Rembiga (Nusa Tenggara Barat)

Foto: Wonderfulimage id

Makanan dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, tak hanya Ayam Taliwang. Masih ada kuliner lain yang tak kalah pedas dan nikmat, yakni satai rembige atau disebut satai rembiga.

Satai rembiga biasanya berbahan daging sapi, seperti satai maranggi. Namun, cita rasanya lebih pedas karena bumbu rendamannya sekaligus sausnya menggunakan cabai. Cara membuatnya, cuci bersih daging sapi, lalu potong-potong sesuai selera. Masukkan ke wadah yang sudah dialasi daun pepaya dan tutup kembali dengan daun pepaya. Diamkan kurang lebih satu jam agar dagingnya empuk. Tips untuk menggunakan daun pepaya yaitu diremukkan hingga sedikit keluar getah agar bisa lebih efektif membuat tektur daging lebih empuk.

Haluskan bahan bumbu halus dengan blender. Masukkan kecap manis, gula merah, dan garam. Tusuk potongan daging yang sudah dimarinasi atau direndam bumbu. Bakar satai sambil oleskan kembali dengan bumbu hingga matang. Satai siap di sajikan! Bila membuat menu ini cukup memakan waktu, Anda juga bisa pesan di @gardu_satai_rembiga untuk mendapatkan satai rembiga #DiRumahAja.

8. Daging Se’i (Nusa Tenggara Timur)

Foto: Instagram @masakanmaeta


Se'i, kuliner khas Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki banyak penggemar di Indonesia. Se'i khas NTT umumnya berbahan dasar daging sapi. Se’i merupakan olahan daging yang dimasak dengan cara diasap.

Langkah pertama untuk memasak se'i sapi adalah mempersiapkan tungku api. Jangan membakar daging langsung, karena sei sapi dimasak dengan cara diasap. Anda bisa memarinasi daging sapi has (daging sapi dari bagian tengah badan) dengan bawang putih yang sudah dicincang. Penggunaan daging has dalam agar daging se'i sapi lebih empuk dan mudah diolah.

Marinasi daging dan diamkan selama 15 hingga 20 menit agar bumbu lebih meresap. Siapkan tungku pengasapan, saat hendak memasukkan daging sapi jangan lihat dari seberapa besar apinya, tapi terlihat dari asap yang sudah mulai banyak dan semakin panas. Se'i nikmat disantap dengan sayur daun singkong atau daun papaya, dan sambal luat. Sulit untuk membuatnya? Anda bisa memesan hidangan ini melalui aplikasi pesan antar atau pesan langsung melalui media sosial penjualnya.

9. Ayam Betutu (Bali)

Foto: Instagram @ayambetutugilinamuk

Makanan yang bercita rasa pedas dan gurih tentunya menjadi favorit banyak orang. Jika Anda termasuk penyuka makanan pedas dan gurih, sangat disarankan untuk mencoba ayam betutu. Bumbunya yang meresap serta tekstur daging ayam yang empuk membuatnya semakin lezat. Hidangan khas Bali ini menggunakan banyak bumbu rempah, seperti lengkuas, kunyit, dan kencur.

Bersihkan ayam dan lumuri dengan air perasan jeruk nipis hingga merata. Rebus daun singkong hingga empuk, lalu peras daun singkong hingga mengeluarkan air, kemudian potong-potong. Tumis bumbu halus hingga wangi. Sesuaikan rasanya dengan selera Anda. Ambil sedikit bumbu halus, campurkan dengan singkong dalam satu wadah, dan aduk hingga merata.

Ambil ayam dan lumuri seluruh badannya dengan bumbu halus hingga ke dalam perut ayam. Masukkan juga daun singkong berbumbu ke dalam perut ayam hingga penuh. Tutup perutnya dengan mengaitkan ekornya menggunakan tusuk gigi. Kukus ayam selama kurang lebih 2 jam dengan api kecil, jika sudah lalu angkat.

Siapkan bakaran atau bisa juga menggunakan wajan datar anti lengket. Bakar ayam dalam kondisi masih terbungkus daun pisang di atas bara api selama kurang lebih 20 menit. Angkat dan sajikan. Bagi Anda yang tidak ingin repot, bisa pesan kuliner ayam betutu dari pelaku ekonomi kreatif @ayambetutugilinamuk. Langsung pesan, ya!

Sekarang tak perlu bingung lagi mencari ide menu makanan untuk santapan bersama keluarga tercinta #DiRumahAja. Ada banyak UMKM dan e-commerce yang menjual berbagai makanan lezat. Dengan #BeliKreatifLokal dari pelaku ekonomi kreatif, Anda turut membantu mereka tetap bertahan di tengah pandemi.

Foto: Wonderfulimage.id

Seperti yang dikatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, bahwa kuliner Nusantara bisa membangkitkan ekonomi kreatif sekaligus peluang usaha membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

"Saya berharap kuliner Nusantara bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri, membangkitkan ekonomi kreatif, memupuk semangat, dan menjadikan kuliner kita sebagai peluang usaha membuka lapangan kerja seluas-luasnya," jelasnya.

Selain mendukung produk ekraf Indonesia, sebagai warga negara yang baik kita juga wajib mendukung upaya Pemerintah dalam memerangi pandemi Covid-19 untuk mewujudkan #InDOnesiaCARE, seperti disiplin menerapkan 6M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama.

Di samping itu, Anda juga harus memiliki kesadaran akan pentingnya vaksinasi Covid-19 agar tercipta kekebalan tubuh dari ancaman virus Corona demi #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh. Yuk, segera lakukan vaksinasi Covid-19 bagi yang belum, ya.

Selesai mencicipi kuliner Nusantara, Anda juga bisa berpartisipasi dalam memeriahkan HUT RI ke-76 di rumah dengan ikutan Kompetisi #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia periode 27 Juli sampai 20 Agustus 2021.

Caranya, buatlah video kreasi menyanyikan lagu daerah #DiIndonesiaAja dan menangkan hadiah total jutaan rupiah. Pilih salah satu lagu daerah favorit Anda. Agar makin meriah, bisa sambil menari dan bermain musik, atau menggunakan kostum hingga aksesori dengan #BeliKreatifLokal dari pelaku ekonomi kreatif, ya.

Upload video di Instagram feed Anda, jangan lupa mention akun Instagram @pesonaid_travel dan sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan pada caption. Pastikan akun Anda tidak di-private dan sudah follow akun Instagram @pesonaid_travel.

Segera bikin video kreasi saat Anda menyanyikan lagu daerah #DiIndonesiaAja. Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah serta tak ketinggalan ucapan spesial hari kemerdekaan dari Presiden Joko Widodo. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia dan gift box dari Rumah Digital Indonesia.

Video-video kreasi terbaik juga berkesempatan ditayangkan di semua media sosial Pesona Indonesia dan platform rumahdigitalindonesia.id. Yuk, buruan ikut!

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini