Cara Benar Pakai Masker Double untuk Cegah Tertular Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 481 2457042 cara-benar-pakai-masker-double-untuk-cegah-tertular-covid-19-CTm7i1IDiV.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

SEIRING menyebarnya virus Covid-19, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penggunaan masker dua lapis atau masker double untuk mencegah penyebaran infeksi dan penularan Covid-19 ketika berada di tempat umum atau melakukan kontak dengan orang lain.

Sebagaimana diketahui, beberapa pekan lalu Tanah Air mengalami ledakan Covid-19 akibat varian Delta yang menyebar dengan masif. Alhasil rumah sakit menjadi penuh dan memberikan tekanan bagi para tenaga kesehatan (nakes). Selain itu kasus kematian pasien dan para nakes pun meningkat karena adanya ledakan Covid-19.

Masker Double

Merangkum dari laman Instagram resmi, @sulunsulunkkn, Rabu (18/8/2021), pada awalnya direkomendasikan menggunakan masker medis untuk pencegahan infeksi. Sebagaimana diketahui memakai masker double dengan masker medis terlebih dahulu lalu dilapisi dengan masker kain terbukti lebih efektif dalam meningkatkan efektivitas masker untuk melindungi diri dari Covid-19.

Baca Juga : Di HUT RI Ke-76, Indonesia Dapat 'Kado' 150 Ventilator dari AS

Masker medis saja dapat menyaring partikel hingga 56,1 persen sementara masker kain saja dapat menyaring partikel sebesar 51,4 persen. Penggunaan masker double dengan dua masker bedah ataupun menambah lapisan pada masker N95, tidak disarankan.

Agar efektif dalam penggunaannya, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat hendak menggunakan masker double. Penggunaan masker medis + masker KN95 tidak dianjurkan, begitu pun halnya dengan penggunaan dua masker medis yang dirangkap. Penggunaan masker double yang direkomendasikan adalah masker kain + masker medis.

Setelah menggunakan masker double masyarakat juga diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) lainnya seperti mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini