Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan, Bisa Bantu Pengobatan Diabetes!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 481 2457275 manfaat-daun-sukun-untuk-kesehatan-bisa-bantu-pengobatan-diabetes-jqzRiqOCkB.jpg Manfaat daun sukun (Foto : YouTube/Media Space)

MANFAAT daun sukun begitu banyak untuk kesehatan. Daun sukun merupakan tanaman tropis berbentuk pohon bercabang dengan tinggi mencapai 30 meter. Pohon sukun tersebar dari Pulau Jawa sampai ke Papua Nugini.

Mengutip akun Youtube Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), secara tradisional air rebusan daun sukun dilaporkan para ahli dapat menurunkan tekanan darah, menyembuhkan penyakit asma, dan hepar.

Sementara itu, para ahli di negara-negara Barat menyatakan bahwa daun sukun memiliki senyawa prenil flavonoid yang berpotensi sebagai obat diabetes dengan cara menurunkan kadar gula darah.

Zat alami lain yang dapat ditemukan dalam daun sukun adalah asam hidrosianat, tanin, riboflavin dan asetilkolin. Bahan aktif ini berguna untuk melawan penyakit seperti penyakit kardiovaskular.

Manfaat Daun Sukun

(Manfaat daun sukun/Foto: YouTube Media Space)

Untuk menjadikan daun sukun sebagai pengobatan diabetes, Anda bisa mengambil ekstrak daun sukun. Setelah itu, rebus serpihan daun sukun dengan air mendidih 100 derajat.

Baca Juga : 5 Manfaat Kayu Bajakah, Salah Satunya Berpotensi Jadi Obat Kanker

Setelah dingin, tambahkan madu alami atau gula batu sebagai pemanis dan minum teh ini dua kali sehari selama 10 hari. Manfaat lain dari daun pohon sukun adalah dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Daun Mangga untuk Kesehatan

Untuk menurunkan kolesterol, seseorang harus minum satu cangkir teh sukun setiap hari. Untuk ruam kulit atau gatal-gatal, minum satu cangkir Teh Sukun setiap hari.

Ekstrak daun sukun mengandung kadar air 8.12 persen dan tidak mengandung residu pestisida, organoklorida, serta tidak terdeteksi adanya logam berat serta bakteri patogen, sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif obat alami.

(hel)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini