Menkes Beberkan 3 Strategi Tekan Laju Persebaran Covid-19, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 481 2457378 menkes-beberkan-3-strategi-tekan-laju-persebaran-covid-19-apa-saja-kWxLL59ifY.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: KBUMN)

SUDAH 18 bulan Indonesia dilanda covid-19. Pemerintah pun sudah melakukan banyak cara untuk bisa menekan lajur persebaran wabah penyakit tersebut. Namun, hal itu tidak bisa dilihat hasilnya dalam jangka waktu singkat.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan target untuk mengatasi pandemi covid-19 adalah mengenai bagaimana mengurangi laju penularan sehingga kasus aktif tidak lebih tinggi dari fasilitas kesehatan yang tersedia.

Baca juga: Menkes Sebut Manusia Akan Hidup Lebih Lama dengan Covid-19 

"Ingin kami sampaikan bahwa target mengatasi pandemi ini adalah bagaimana kita mengurangi laju penularan agar jangan sampai jumlah orang yang tertular lebih tinggi daripada kapasitas sistem pelayanan kesehatan kita," kata Menkes Budi dalam konferensi pers pada Senin 16 Agustus 2021.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

Ia menjelaskan, kapasitas tempat tidur yang tersedia untuk kasus aktif sekira 600 ribu unit. Beruntungnya saat ini kasus aktif sudah menempati angka di bawah 400 ribu.

Pengurangan jumlah kasus aktif tersebut tidak lepas dari kerja sama yang dilakukan antara pemerintah dengan rakyat guna mengatasi pandemi covid-19. Saat ini ada tiga program yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi laju penularan penyakit yang diakibatkan oleh virus corona itu.

Baca juga: Menkes: Indonesia Termasuk Paling Maju soal Vaksinasi Covid-19 

1. Deteksi

Langkah pertama yang dilakukan pemerintah yakni deteksi. Deteksi dilakukan dengan cara meningkatkan tes epidemologi dan tes screening. Kemudian meningkatkan risiko lacak dengan kontak erat yang dilanjutkan dengan surveilans genomik di daerah-daerah yang berpotensi lonjakan kasus.

"Kenapa kita mesti tes yang banyak? Karena itu orang yang terdeteksi positif kalau kita tahu itu kita bisa isolasi dan akhirnya menekan laju penularan," tutur Menkes.

2. Terapeutik

Setelah dilakukan deteksi, langkah selanjutnya adalah terapeutik. Meliputi pemenuhan suplai oksigen, alat kesehatan, serta tenaga kesehatan. Ini juga termasuk meningkatkan pemantauan isolasi mandiri dengan pemanfaatan telemedisin.

Baca juga: Menkes: Target Vaksinasi Covid-19, Akhir Agustus Capai 100 Juta Suntikan 

3. Vaksinasi

Terakhir, upaya yang dilakukan Kemenkes untuk menekan laju persebaran covid-19 adalah dengan melakukan vaksinasi covid-19. Alokasi vaksin 50 persen di daerah khusus dengan mobilitas tinggi. Sentra vaksinasi covid-19 pun diperluas supaya masyarakat mudah mendapatkannya.

"Kemudian, ada juga syarat bukti vaksinasi bagi pelaku perjalanan," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini