Atasi Pandemi pada 2022, Kemenkes Fokus di Hulu Terapkan Prokes Dibantu Teknologi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 481 2457385 atasi-pandemi-pada-2022-kemenkes-fokus-di-hulu-terapkan-prokes-dibantu-teknologi-MkNBbaSoGa.jpg Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pandemi tidak akan hilang dengan cepat. Melainkan, kasusnya bakal menurun secara perlahan dan berubah menjadi epidemi.

"Pandemi bisa 5 tahun, bisa 10 tahun. Tidak akan hilang dengan cepat," kata Menkes Budi dalam konferensi pers pada Senin 16 Agustus 2021.

Baca juga: Menkes: Target Vaksinasi Covid-19, Akhir Agustus Capai 100 Juta Suntikan 

Maka itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan fokus pada pengendalian laju penularan, terutama pada 2022. Pasalnya, menghapus pandemi covid-19 merupakan hal yang mustahil.

Menkes Budi Gunadi Sadikin.

"Fokus 2022 nanti adalah konsentrasi di hulu, di mana kita bisa menerapkan protokol kesehatan yang dibantu teknologi," tuturnya.

Baca juga: Menkes: Indonesia Termasuk Paling Maju soal Vaksinasi Covid-19 

Menkes menuturkan, dengan adanya penerapan protokol kesehatan yang dibantu teknologi, diharapkan bisa memastikan aspek kesehatan dan ekonomi berjalan beriringan.

"Kemenkes akan fokus ke sisi hulu, bagaimana kita mengatur prokes, melaksanakan 3T, yang akan menjadi hal normal dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Lebih lanjut Menkes mengatakan bahwa strategi Kemenkes yang akan fokus di hulu ini terus berjalan sampai pandemi berubah menjadi epidemi.

"Kita harus lebih sering melakukan testing. Jangan kendurkan ini. Ke depan, ini sudah menjadi bagian hidup sehari-hari," tukasnya.

Baca juga: Menkes Sebut Manusia Akan Hidup Lebih Lama dengan Covid-19 

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini