Tak Mau Kulit Kering karena Sering Mencuci Tangan, Ikuti Tips Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 21:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 612 2457538 tak-mau-kulit-kering-karena-sering-mencuci-tangan-ikuti-tips-ini-okJ2yreGQq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENCUCI tangan memang meminimalisir potensi seseorang tertular Covid-19. Memang idealnya seseorang mencuci tangan dengan sabun, tapi akan sangat sulit untuk membawa sabun dan air mencari air mengalir.

Oleh karena itu, hand sanitizer pun menjadi pilihan banyak orang. Meski demikian, menggunakan hand sanitizer atau sabun sama-sama memiliki dampak membuat kulit kering dan pada akhirnya menyebabkan iritasi. Karenanya, kelembapan kulit perlu diperhatikan untuk tetap menjaga kesehatan kulit.

Merangkum dari laman Instagram resmi Satgas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, Rabu (18/8/2021), berikut tips mengatasi tangan kering karena sering mencuci tangan.

Cuci Tangan

1. Pilih sabun yang memberi kelembapan pada kulit

2. Hindari mencuci tagan dengan air panas karena dapat menyebabkan kehilangan minyak alami pada kulit yang berfungsi melembapkan kulit.

3. Hindari meggosokkan tangan ke kain, handuk atau tisu saat mengeringkan tangan. Cukup tepuk-tepuk dengan lembut saat mengeringkan tangan untuk mencegah kulit tangan lecet atau perih.

4. Gunakan pelembap yang mampu menghalangi penguapan air dari lapisan kulit.

5. Biasakan mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan setiap harinya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini