Gula Darah Rendah? Tingkatkan Pakai 4 Buah Ini Deh

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 18 Agustus 2021 22:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 18 612 2457551 gula-darah-rendah-tingkatkan-pakai-4-buah-ini-deh-JQWyXw0C6g.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

POLA makan memang menjadi kunci ketika seseorang sudah terkena diabetes. Pasalnya, sampai saat ini belum ada obat untuk mengatasi diabetes.

Oleh karena itu, menjaga gula darah sangat penting agar diabetes tidak bertambah parah. Faktor seperti berat badan, aktivitas, stres, dan genetika juga berperan dalam menjaga gula darah, namun diet sehat sangat penting untuk mengontrol gula darah.

Nah berikut ini buah-buahan yang bisa memperbaiki kadar gula darah, seperti dilansir dari laman The Health:

Berries

Sejumlah penelitian mengatakan, asupan berry baik untul meningkatkan kontrol gula darah. Buah beri sarat dengan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, serta merupakan pilihan yang sangat baik bagi orang-orang dengan masalah pengelolaan gula darah.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan, bahwa makan dua cangkir atau setara 250 gram raspberry merah dengan makanan tinggi karbohidrat secara signifikan, dapat mengurangi insulin pasca makan dan gula darah pada orang dewasa dengan pradiabetes, dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Selain itu penelitian lainnya menunjukkan, bahwa stroberi, blueberry, dan blackberry dapat bermanfaat bagi manajemen gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan pembersihan glukosa dari darah.

Diabetes

Apel

Apel mengandung serat larut dan senyawa tumbuhan, termasuk quercetin, asam klorogenat, dan asam galat, yang semuanya dapat membantu mengurangi gula darah dan melindungi dari diabetes.

Meskipun konsumsi buah total telah terbukti menurunkan risiko diabetes, makan buah-buahan tertentu, termasuk apel, mungkin sangat bermanfaat untuk menurunkan gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes.

Sebuah studi menguji 187 ribu orang menemukan, bahwa asupan buah-buahan tertentu yang lebih tinggi, terutama blueberry, anggur, dan apel, dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang jauh lebih rendah.

Lebih lanjut, sebuah penelitian pada 18 wanita menemukan, bahwa makan apel 30 menit sebelum makan nasi secara signifikan mengurangi gula darah setelah makan, dibandingkan dengan makan nasi saja.

Jeruk

Salah satu penelitian menunjukkan, bahwa buah jeruk dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Jeruk dianggap buah glikemik rendah karena tidak memengaruhi gula darah sebanyak jenis buah lainnya, seperti semangka dan nanas.

Seperti jeruk dan grapefruit mengandung serat, dan memiliki senyawa tanaman seperti naringenin, polifenol yang memiliki sifat antidiabetik yang kat.

Makan buah jeruk utuh dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi HbA1c, dan melindungi dari perkembangan diabetes

Alpukat

Selain lembut dan rasanya lezat, alpukat dapat menawarkan manfaat yang signifikan untuk pengaturan gula darah. Buah ini kaya akan lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, dan menambahkannya ke makanan telah terbukti meningkatkan kadar gula darah.

Sejumlah penelitian telah menemukan, bahwa alpukat dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan melindungi dari perkembangan sindrom metabolik, termasuk tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini