Dokter Benarkan Adanya Kasus LALILULEO pada Pasien Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 19 Agustus 2021 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 481 2457894 dokter-benarkan-adanya-kasus-laliluleo-pada-pasien-covid-19-AyP0PXuu09.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

INFEKSI Covid-19 menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit, salah satunya adalah gangguan berpikir atau yang disebut dengan istilah LALILULELO. Kondisi ini biasanya kerap terjadi pada seseorang usai terpapar Covid-19.

Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i membenarkan bahwa gangguan berpikir (Cognitive Impairment) memang bisa saja menimpa seseorang yang terinfeksi Covid-19. Sebab virus Covid-19 dapat menyerang ke berbagai organ tubuh lainnya.

Gejala Covid-19

"Covid-19 dapat menyebabkan cognitive impairment (gangguan berpikir). Terdapat studi yang dilakukan oleh para peneliti yang dipublikasikan dalam jurnal The Lancet," terang dr. Fajri, saat diwawancarai MNC Portal, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga : Potret Sunny Dahye, YouTuber Korea yang Bantah Tudingan Hina Indonesia

Dalam jurnal itu, penelitian tersebut mengambil total subjek sebanyak lebih dari 81 ribu. Adapun subjek yang mengalami substansial (Lemot) sebanyak 192 orang yang di dirawat inap. Sementara terdapat 326 orang yang tidak dirawat inap (Covid-19 gejala ringan).

"Ini mengindikasikan cukup banyak kasusnya. Dalam bulan- bulan pertama seseorang akan kesusahan saat berpikir, dan kesulitan mengeluarkan perkataan ketika ingin berbicara. Ketika berpikir, ada alur yang terputus," tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini