Menkes: Indonesia Akan Terima 50 Juta Dosis Vaksin Novavax dalam Waktu Dekat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 19 Agustus 2021 19:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 481 2458084 menkes-indonesia-akan-terima-50-juta-dosis-vaksin-novavax-dalam-waktu-dekat-k07m6eNJkx.jpg Vaksin Novavax (Foto : Reuters)

INDONESIA tengah menunggu kedatangan vaksin Novavax dari Amerika Serikat. Vaksin ini pun sudah dicanangkan hadir di Indonesia untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Menteri Kesehatan - Menkes Budi Gunadi Sadikin menerangkan bahwa vaksin Novavax yang akan datang ke Indonesia itu didapat melalui business to business dengan Amerika Serikat. Hingga sekarang, Indonesia masih menunggu persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Menkes Budi

"Kami masih menunggu persetujuan dari FDA Amerika untuk 50 juta dosis vaksin Novavax," kata Menkes Budi, dalam konferensi pers virtual, Kamis (19/8/2021).

Baca Juga : 1,5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Bakal Tiba di Indonesia dalam Hitungan Menit

Ia melanjutkan bahwa diharapkan, vaksin Novavax tersebut akan keluar persetujuannya dalam waktu dekat. Dengan begitu, kecukupan stok vaksin yang dimiliki Indonesia bisa terus dapat terjaga.

Novavax sendiri merupakan satu dari empat jenis vaksin Covid-19 yang diperoleh Indonesia melalui jalur business to business. Menkes Budi menuturkan, selain Novavax, vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Pfizer pun didapat dengan metode tersebut.

Indonesia menargetkan bisa memvaksinasi 400 juta dosis vaksin Covid-19 (dua dosis) hingga akhir tahun. Memastikan ketersediaan vaksin menjadi tanggung jawab pemerintah yang terus diupayakan hingga saat ini.

Vaksinasi diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengentaskan pandemi, selain masyarakat tetap harus menjalani protokol kesehatan yang ketat sekalipun sudah divaksin dosis lengkap.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini