China Temukan Covid-19 pada Durian, Bisa Menular?

Wahyu Budi Santoso (Sindonews), Jurnalis · Kamis 19 Agustus 2021 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 481 2458110 china-temukan-covid-19-di-pada-durian-bisa-menular-YngswrQb4h.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

CHINA mengonfirmasi temuan Covid-19 pada permukaan paket durian yang dikirim dari Thailand. Hal tersebut merupakan hasil temuan Kantor Urusan Pertanian (OAA) Kedutaan Besar Thailand di Beijing.

Seperti dilansir dari Thaiger News, kasus yang terjadi di Pasar Haudongcheng di Ganzhou, China timur itu, dilaporkan pekan lalu dan OAA telah menginstruksikan semua pihak yang terlibat dalam penanganan paket tersebut untuk menjalani tes penyaringan.

Meski hasil tes negatif, mereka diinstruksikan untuk menjalani karantina sendiri sesuai dengan peraturan nasional China. Bungkusan durian yang diyakini ada jejak virus Covid-19 ini juga sudah disimpan di tempat yang aman namun belum ada keterangan lebih lanjut bagaimana cara menyimpannya dan pihak yang bertanggung jawab.

Durian

Baca Juga : Menkes: Indonesia Akan Terima 50 Juta Dosis Vaksin Novavax dalam Waktu Dekat

Sementara itu, OAA mengatakan bahwa paket buah lain dan area di sekitar pasar telah disemprot dengan cairan sanitasi segera setelah kasus itu dilaporkan. OAA juga telah membahas masalah ini dengan Administrasi Umum Bea Cukai China dan menegaskan bahwa China tidak akan berhenti mengimpor produk dari pemasok Thailand mereka.

“Impor durian dari pemasok Thailand tidak akan dihentikan karena berdasarkan penyelidikan awal, efek virus Covid-19 ditemukan di daerah setempat dan bukan di pos pemeriksaan pabean.

"Ini menunjukkan bahwa kemungkinan besar akan ditransfer dari pihak yang menangani paket ketika tiba di pasar," tulis pernyataan OAA.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini