Cara Obati Gigitan Nyamuk Biar Enggak Gatal Berhari-hari

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 481 2458128 cara-obati-gigitan-nyamuk-biar-enggak-gatal-berhari-hari-8PHXrIe9qy.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

KETIKA digigit nyamuk, tentu Anda akan merasakan gatal yang sangat mengganggu. Terlebih jika yang menggigit adalah jenis nyamuk berbahaya, tentunya Anda akan memiliki risiko untuk terkena penyakit yang ditularkan oleh nyamuk tersebut.

Pada dasarnya, nyamuk betina lebih sering menggigit manusia dan hewan. Ini karena nyamuk betina dapat menghasilkan telur setelah meminum darah manusia ataupun hewan. Berbeda dengan nyamuk jantan, mereka tidak menggigit manusia dan hewan.

Ketika nyamuk menggigit Anda, ia menusuk kulit menggunakan jarumnya untuk menyedot darah. Ketika nyamuk sedang meminum darah Anda, mereka akan menyuntikkan air liur ke dalam kulit Anda.

Nyamuk

Tubuh Anda pun akan bereaksi terhadap air liur yang mengakibatkan benjolan dan gatal-gatal. Beberapa orang hanya memiliki reaksi ringan terhadap gigitan nyamuk. Namun, bagi mereka yang memiliki reaksi lebih kuat, umumnya orang akan mengalami pembengkakan, nyeri, dan kemerahan yang luas dapat terjadi.

Baca Juga : 5 Tanaman yang Ampuh Usir Nyamuk, Apa Saja?

Benjolan bengkak dan kemerahan muncul beberapa menit setelah gigitan. Lebih lanjut, seseorang juga bisa mengalami demam ringan, gatal-gatal yang parah, serta pembengkakan kelenjar getah bening.

Melihat efeknya yang bisa saja berbahaya bagi mereka yang memiliki reaksi berlebih terhadap gigitan nyamuk, maka hal ini tidak bisa dianggap remeh. Melansir CDC pada Jumat (20/8/2021), berikut beberapa cara mengobati gigitan nyamuk yang bisa Anda lakukan.

- Cuci area yang digigit dengan sabun.

- Kompres dengan air dingin atau es batu selama 10 menit untuk mengurangi pembengkakan dan gatal.

- Oleskan campuran soda kue dan air, yang dapat membantu mengurangi respons gatal.

- Oleskan krim anti alergi jika Anda memiliki ruam kulit dan alergi dengan bintik merah karena gigitan nyamuk.

Anda juga bisa membuat pasta DIY yang bisa digunakan sebagai ramuan untuk mengobati gatal dan bentol akibat gigitan nyamuk, dengan cara berikut ini:

- Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan air secukupnya untuk membuat pasta.

- Oleskan pasta tersebut pada bekas gigitan nyamuk.

- Tunggu 10 menit.

- Bilas dan hilangkan semua bekas pasta tersebut.

- Gunakan krim anti-gatal atau antihistamin yang dijual bebas untuk membantu meredakan gatal.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini