Pandemi Mengajarkan bahwa Indonesia Harus Benahi Sistem Kesehatan

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 02:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 481 2458162 pandemi-mengajarkan-bahwa-indonesia-harus-benahi-sistem-kesehatan-fnZUkfa2kN.jpg Ilustrasi. (Foto: Healthline)

PANDEMI Covid-19 mengajarkan bahwa Indonesia perlu meningkatkan sistem kesehatan. Peningkatan layanan kesehatan berbasis teknologi sangatlah dibutuhkan.

Banyak tantangan yang dihadapi di dunia kesehatan pada masa pandemi ini. Salah satu solusinya yaitu penguatan sistem pelayanan agar masyarakat tetap bisa merasa aman dan nyaman.

Adanya kemajuan teknologi informasi dalam dunia kesehatan, tentu dapat membantu meningkatkan standar mutu dan pelayanan penyedia jasa kesehatan, serta mempermudah masyarakat mengakses informasi kesehatan.

 kesehatan

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan, masih banyak masalah yang dihadapi pada pelayanan sektor kesehatan di Indonesia. Karena itu, perlu pencegahan dan memperbaiki kembali sistem kesehatan.

"Semua pihak harus mencegah, mempersiapkan, merespons, dan memulihkan kembali dari pandemi Covid-19 serta berkontribusi dalam keamanan kesehatan secara nasional," ujarnya lewat keterangan Virtual Conference Health Technology Solutions (HTS 2021).

Ditambahkan Analis Kebijakan Ahli Utama Kementerian Kesehatan RI, drg. Oscar Primadi, MPH, sudah saatnya pelaku sektor kesehatan bisa memperbaiki layanan untuk masyarakat, Yaitu dengan mengandalkan sistem teknologi terkini.

"Saatnya sekarang ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat sektor teknologi kesehatan di Indonesia," imbuh dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengarah HTS 2021 dr Edi Alpino Siregar mengatakan, para pelaku perlu menggali pengetahuan seputar perkembangan teknologi kesehatan. "Seluruh stakeholder sektor kesehatan di Indonesia bisa bekerja sama, termasuk perusahaan ternama penyedia teknologi dan solusi kesehatan," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini