Mengenal WR Supratman, Wartawan yang Jadi Pencipta Lagu Indonesia Raya

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 19 Agustus 2021 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 19 612 2457998 mengenal-wr-supratman-wartawan-yang-jadi-pencipta-lagu-indonesia-raya-z62P2oXRp9.jpg WR Supratman. (Foto: YouTube Muspada)

WR Supratman atau Wage Rudolf Supratman terkenal sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Yuk kenal lebih dekat dengan sang pencipta lagu Indonesia Raya ini.

WR Supratman lahir pada 9 Maret 1903 di Jatinegara, Purworejo, Jawa Tengah. Ayahnya bernama Joemeno Kartodikromo dan Ibunya bernama Siti Senen.

wr

Ayah pencipta lagu Indonesia Raya ini merupakan seorang tentara KNIL Belanda. Ia merupakan anak ketujuh dari sembilan bersaudara.

Tak banyak yang tahu nih kalau WR Supratman merupakan seorang wartawan di era pergerakan nasional yang bekerja untuk surat kabar Tionghoa, Sin Po. Ia berjuang dengan biolanya saat itu.

Dari kegigihannya itu, jadilah Indonesia Raya yang kini menjadi lagu wajib Nasional. Lagu ini diperkenalkan pertama kali oleh WR Supratman pada momentum penutupan Kongres Pemuda II 28 Oktober 1928.

Kegiatan tersebut dilakukan di Gedung Indonesische Clubgebouw yang kini telah menjadi Museum Sumpah Pemuda.

Oh iya, tak cuma lagu wajib, tapi juga ada beberapa lagu tentang pahlawan yang lain. Yakni lagu Ibu Kartini, di Timur Matahari, dan Dari Barat sampai ke Timur.

Lewat karya lagunya, WR Supratman mengajak masyarakat Indonesia untuk cinta Tanah Air.

Tak heran kalau WR Supratman hingga kini menjadi inspirasi bagi para pemuda-pemudi Indonesia. Karena dia mengabdi bagi bangsa dan negara secara konsisten dan tanpa pamrih.

Dikatakan Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek) Hilmar Farid, tepat sekali pada peringatan HUT ke-76 RI, masyarakat harus semakin kenal dengan WR Supratman.

"WR Supratman adalah sosok tangguh yang mencerminkan nilai-nilai nasionalisme dan

patriotisme," ungkapnya.

Lebih lanjut, sejarah WR Supratman maupun lagu Indonesia Raya dikupas tuntas saat pameran daring WR Supratman bertajuk Melodi Bangsaku. Anda bisa mengikutinya pada 19 Agustus 2021 hingga 24 September 2021.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini