Share

5 Pasar Tradisional yang Melegenda #DiIndonesiaAja

Karina Asta Widara , Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 12 2458250 5-pasar-tradisional-yang-melegenda-diindonesiaaja-vJDK2CJThF.jpg Foto: Shutterstock

Kehadiran berbagai toko ritel, e-commerce, hingga pasar modern tidak lantas membuat pasar tradisional ditinggalkan begitu saja oleh masyarakat. Sebab, masih banyak pasar tradisional yang tetap diminati khususnya bagi Anda yang hobi traveling.

Di beberapa daerah, pasar tradisional yang melegenda justru menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi pelancong yang ingin berburu oleh-oleh khususnya produk lokal. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pasar Cibaduyut Bandung (Jawa Barat)

 

 Foto by shutterstock

Mendengar kata Cibaduyut tentu tidak asing lagi bukan? Kita akan langsung terpikir pada sebuah tempat produksi sepatu terbesar yang berada di Bandung, Jawa Barat. Pasar ini memang dikenal sebagai pasar yang melegenda dan memiliki kisah tersendiri. Pasar ini berdiri sejak tahun 1920, dimana pada saat itu warga lokal merupakan para pekerja pabrik sepatu yang ada di kawasan tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, para pekerja banyak yang berhenti dan merintis usahanya sendiri, yang dilakukan di rumah masing-masing.

Perkembangan usaha sepatu di Cibaduyut ternyata mendapatkan nilai yang positif. Banyak para pengusaha terus berkembang dan sukses hingga merekrut banyak pekerja, sehingga pada akhirnya eksistensi Pasar Cibaduyut semakin kuat ketika Pemerintah pada tahun 1989 menjadikan Cibaduyut sebagai objek wisata di Jawa Barat. Akses pasar dan penjualan sepatu Cibaduyut pun semakin luas hingga pasar Internasional.

Nah, untuk Anda yang ingin membeli sepatu atau produk berbahan kulit lainnya khas Cibaduyut seperti tas, ikat pinggang, sandal, hingga dompet, saat ini tak perlu jauh-jauh datang langsung ke Bandung, Anda bisa membelinya secara online di berbagai e-commerce yang ada #DiIndonesiaAja ya!

2. Pasar Klewer Solo (Jawa Tengah)

 

Foto : Okezone (Foto diambil sebelum pandemi Covid-19)

Berkunjung ke Jawa Tengah, tidak lengkap jika tidak berkunjung ke salah satu pasar tekstil terbesar yang ada di Kota Surakarta ini. Letak dari Pasar Klewer sendiri bersebelahan dengan Keraton Surakarta. Pasar ini juga merupakan salah satu pusat kain batik yang ada di Jawa Tengah. Pasar Klewer mulai berkembang pada tahun 1942-1945 dan semakin berkembang hingga tahun 1968. Namun, pada 2014 di pasar terjadi kebakaran hebat yang meluluhlantahkan bangunan lama. Hingga pada 2015 Pasar Klewer mulai direnovasi dan dibangun kembali dengan bangunan yang baru.

Bagi para pelancong, Pasar Klewer merupakan surganya tempat belanja oleh-oleh mulai dari makanan, kerajinan tangan, hingga pernak-pernik kualitas ekspor. Misalnya seperti, cermin kayu ukir, kaca ukir, bahkan Batik Kawung khas kota Surakarta.

Jika Anda ingin membeli produk khas Pasar Klewer seperti Batik Kawung ini, namun belum bisa keluar rumah, jangan khawatir, Anda bisa membelinya secara online di berbagai UMKM dan e-commerce yang ada #DiIndonesiaAja.

3. Pasar Genteng Surabaya (Jawa Timur)

 

Foto by shutterstock

Berdiri sejak tahun 1973, Pasar Genteng merupakan salah satu pasar terlengkap yang menjual oleh-oleh lengkap khas Surabaya. Tak hanya itu saja, Pasar genteng juga ternyata dikenal sebagai pasar yang menjual barang elektronik yang lengkap dan murah.

Khusus untuk para pelancong, Pasar Genteng juga seringkali dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata belanja. Alasannya, pasar ini berada di tengah kota dan sangat strategis. Beragam makanan ataupun oleh-oleh yang bisa Anda temui di pasar tradisional #DiIndonesiaAja ini antara lain, bandeng asap, kerupuk udang, kerupuk bawang putih, kerupuk bekicot, dan masih banyak oleh-oleh khas Surabaya lainnya.

 

Foto ( Instagram @bandengpakliman)

Nah, untuk Anda yang sudah rindu dengan oleh-oleh Surabaya satu ini, tenang saja, Anda tetap bisa #BeliKreatifLokal semua oleh-oleh khas Surabaya khususnya yang ada di Pasar Genteng secara online atau bisa juga melalui e-commerce #DiIndonesiaAja.

4. Pasar Seni Sukawati (Bali)

 

 Foto: (Sindonews)

Pasar Seni Sukawati merupakan salah satu surganya oleh-oleh bagi para wisatawan yang hendak mencari beragam jenis kain Bali atau suvenir khas Bali lainnya. Pasar yang sudah berdiri sejak 1980-an ini juga merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika datang ke Bali.

Beragam macam suvenir yang bisa Anda temui seperti, gantungan kunci, tas rotan, gelang, lukisan, dan cenderamata lainnya. Pasar Seni Sukawati kini telah mendapatkan sertifikat CHSE dari Kemenparekraf yang merupakan program penerapan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Bagi Anda yang rindu ingin datang ke Pasar Seni Sukawati dan membeli oleh-oleh disana, Anda tetap bisa memilih beragam oleh-oleh yang Anda inginkan dengam cara membelinya secara online melalui berbagai e-commerce #DiIndonesiaAja atau melalui media sosial para pelaku usaha lokal Bali.

 

5. Pasar Cakranegara (Lombok)

 

Foto : sindonews (Foto diambil sebelum pandemi Covid-19)

Bagi Anda yang sering traveling ke Lombok, nama Cakranegara tentu tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, Cakranegara sendiri merupakan salah satu nama kota yang berlokasi di pusat perekonomian Pulau Lombok. Di kawasan ini terdapat satu pasar tradisional yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok hingga oleh-oleh yang banyak diburu oleh para wisatawan yang datang ke Pulau Lombok.

Pasar ini bernama Pasar Cakranegara yang sudah berdiri sejak tahun 1970. Di pasar ini banyak menjual beragam jenis oleh-oleh asli #DiIndonesiaAja seperti, kain tenun, kaos lombok, songket, kain raring , dan beragam jenis pakaian khas Lombok lainnya. Nah, bagi Anda yang ingin mengobati rindu membeli oleh-oleh kreatif lokal khas Lombok ini, Anda bisa membelinya secara online di berbagai e-commerce yang ada #DiIndonesiaAja atau melalui akun media sosial para pengusaha lokal oleh-oleh khas Lombok ya!

 

Foto: okezone

Namun, bagi Anda warga lokal yang memiliki kebutuhan mendesak untuk berkunjung ke pasar ini secara langsung, jangan lupa untuk tetap terapkan 6M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama. Selain itu, jangan lupa juga untuk berpartisipasi dalam program vaksinasi agar tercipta kekebalan tubuh dari ancaman virus Corona demi #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh.

Itulah beragam pasar tradisional yang sudah berdiri sejak lama dan masih terus eksis hingga kini. Semua produk lokal yang ada di pasar tradisional tersebut bisa Anda dapatkan di berbagai UMKM lokal atau melalui e-commerce yang ada #DiIndonesiaAja

Pandemi Covid-19 memang masih terus berlangsung. Namun, bukan berarti hal itu membatasi kreatifitas kita ya! Asah kreatifitas selama #DiRumahAja dengan mengikuti kompetisi #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia yang diselenggarakan sampai 20 Agustus 2021.

Mumpung masih ada waktu beberapa hari lagi nih, Yuk, bikin video kreasi menyanyikan lagu daerah #DiIndonesiaAja! Cara Ikutannya juga mudah kok. Pilih salah satu lagu daerah favorit Anda. Agar makin meriah, Anda bisa sambil menari dan bermain musik, atau menggunakan kostum hingga aksesori dengan #BeliKreatifLokal dari pelaku ekonomi kreatif lokal Indonesia.

Upload video di Instagram feed Anda, jangan lupa mention akun Instagram @pesonaid_travel dan sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan pada caption. Pastikan akun Anda tidak di-private dan sudah follow akun Instagram @pesonaid_travel, ya!

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah serta tak ketinggalan ucapan spesial hari kemerdekaan dari Presiden Joko Widodo. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia dan gift box dari Rumah Digital Indonesia.

Video-video kreasi terbaik juga berkesempatan ditayangkan di semua media sosial Pesona Indonesia dan platform rumahdigitalindonesia.id. Yuk, buruan ikut! (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini