Share

Alami dan Sederhana, Sehat Jiwa Raga Ternyata Hanya dengan Melakukan Ini #DiRumahAja

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 09:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 12 2458257 alami-dan-sederhana-sehat-jiwa-raga-ternyata-hanya-dengan-melakukan-ini-dirumahaja-4eLbNRk2RB.jpg Ilustrasi (Foto: Dok.Freepik)

Pandemi Covid-19 masih berlangsung sampai saat ini di Indonesia bahkan seluruh dunia. Karena itulah, menjaga kondisi fisik dan mental sangatlah penting. Beberapa olahraga populer di Indonesia dapat membantu Anda dan keluarga sebagai upaya menjaga kesehatan jiwa dan raga.

Meski masih dalam masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 23 Agustus 2021, Anda dan keluarga masih bisa tetap melakukan aktivitas olahraga #DiRumahAja.

Di samping menjaga kesehatan fisik, banyak yang lupa bahwa kesehatan mental juga sama pentingnya dengan kesehatan jasmani. Kesehatan mental menjadi salah satu masalah serius selama pandemi. Berikut cara alami dan sederhana yang bisa Anda lakukan bersama keluarga untuk menjaga kesehatan fisik dan mental:

1. Olahraga dengan Iringan Musik

Berolahraga sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Pasalnya, selain menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga bisa menghilangkan stres, lho. Oleh karena itu, lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari untuk menyingkirkan segala macam penyakit yang akan menyerang, apalagi pada masa pandemi saat ini.

Agar lebih seru dan semangat lakukan olahraga ringan selama #DiRumahAja dengan iringan musik. Anda bisa melakukan gerakan tari Maumere atau Gemu Fa Mire yang merupakan tarian kreasi baru sejenis dengan poco-poco.

Tarian ini berasal dari daerah Maumere, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Buatlah diri Anda berkeringat agar metabolisme tubuh bekerja optimal. Selain dapat menurunkan tingkat stres, depresi, hingga mampu membakar kalori, olahraga dengan iringan musik lagu daerah juga dapat menimbulkan rasa cinta Tanah Air .

Baca Juga: Ketika Sandiaga Uno Puji Influencer yang Gencar Suarakan Stay at Home

2. Berjemur Pagi Hari

 

Foto: Freepik

Pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Di waktu inilah, banyak orang meyakini bisa mendapatkan asupan vitamin D gratis secara alami.

Berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat meningkatkan sistem imun. Hal ini tentu sangat penting dalam upaya mengurangi potensi terinfeksi virus corona.

Paparan sinar matahari pagi (dengan jumlah yang pas) membuat sel darah putih meningkat, sel darah putih inilah yang berperan besar melawan penyakit dan mempertahankan tubuh dari infeksi. Sambil menemani waktu berjemur, Anda bisa #BeliKreatifLokal minuman sehat dan menyegarkan dari pelaku usaha lokal, seperti @naminalemon, @mutejuices, dan @fruitio_naturesgift.

3. Istirahat yang Cukup

Setelah seharian beraktivitas, sangat penting untuk mengatur rutinitas tidur dengan waktu yang cukup, agar aktivitas Anda tetap berjalan dengan lancar. Tentunya, tidur juga membutuhkan kenyamanan, salah satunya dari suasana kamar yang dibuat senyaman mungkin dengan hiasan dekorasi dan aksesori untuk kamar tidur. Anda bisa #BeliKreatifLokal secara online, seperti pajangan dinding @samju_gallery, kursi dan meja daur ulang dari @galuh.creatives, hanging door @ainayyasuvenir, hingga lukisan di atas chalkboard dari @caninapainting.

Pastikan juga Anda tidak begadang karena dapat berakibat buruk pada kesehatan Anda, ya. Selain istirahat yang cukup, pastikan diri Anda selalu terhidrasi dengan baik, caranya mengonsumsi air putih dengan teratur dalam jumlah yang cukup.

4. Makan dengan Gizi Seimbang dan Teratur

Banyak yang mengatakan bahwa tinggal #DiRumahAja selama pandemi adalah momen baik bagi tubuh untuk memperoleh gizi seimbang. Aturlah menu makanan Anda dan keluarga agar tetap memenuhi unsur-unsur zat gizi yang lengkap dalam jumlah yang sesuai, tidak lebih dan tidak kurang.

Anda bisa menyajikan makanan sehat dan bergizi untuk diri sendiri maupun keluarga selama #DiRumahAja. Bagi Anda yang tidak sempat menyiapkan makanan sehat dan bergizi, Anda bisa #BeliKreatifLokal secara online dari pelaku ekonomi kreatif, seperti rendang @omahrendang, ayam penyet @cafeputri, daging cah cabai @ems.kitch, hingga gudeg @Tharra_Catering.

Dengan #BeliKreatifLokal dari pelaku ekonomi kreatif, Anda turut membantu mereka tetap bertahan di tengah pandemi.

5. Banyak Bersyukur

Bersyukur merupakan hal yang sangat sederhana, tapi seringkali dilupakan. Anda bisa mulai mensyukuri dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar Anda.

Bersyukur karena masih bisa diberikan napas kehidupan, bersyukur karena dalam situasi wabah tetap diberikan kesehatan, dan hal-hal positif di sekitar Anda lainnya yang dapat Anda syukuri. Bersyukur bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi imun, serta membuat tidur lebih nyenyak. Sudahkah Anda bersyukur hari ini?

6. Positive Thinking

Pandemi Covid-19 tentunya sangat berdampak terhadap kehidupan masyarakat. Masyarakat merasakan dampak kompleks pandemi tak hanya di sektor ekonomi, tetapi sosial, dan budaya. Dalam situasi pandemi, masyarakat tetap harus menumbuhkan dalam dirinya pola pikir positif.

Di tengah pandemi kita harus berpikiran positif, misalnya pandemi Covid-19 ini tidak hanya terjadi di Indonesia melainkan di seluruh dunia. Sehingga wajib bagi kita untuk membuka wawasan agar mampu menyaring dan memilih informasi-informasi yang benar dan akurat. Lalu tanamkan dalam pikiran kita bahwa segala penyakit dan masalah yang ada saat ini tentu akan ada obatnya dan mampu diatasi. Atur aktivitas seperti bekerja dan belajar dari rumah sehingga tidak membebani mental ataupun psikis Anda.

Berpikir positif dapat membuat hati kita menjadi tentram dan dapat mengalahkan berbagai penyakit termasuk saat kita sedang mengalami tekanan. Dengan mengubah cara berpikir menjadi positif, maka kesehatan mental kita akan menjadi lebih baik.

7. Mengikuti Vaksinasi

Sebagai warga negara yang baik, kita juga wajib mendukung upaya Pemerintah dalam memerangi pandemi agar terwujudnya #InDOnesiaCARE. Salah satu upayanya dengan disiplin 6M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama.

Di samping itu, Anda juga harus mengikuti vaksinasi Covid-19 sesegera mungkin. Sehingga tercipta kekebalan tubuh dari ancaman virus Corona demi #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh. Yuk, segera lakukan vaksinasi Covid-19 bagi yang belum, ya!

Kiat cara alami dan sederhana di atas dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan jiwa dan raga serta tetap produktif di tengah pandemi saat ini. Imbauan untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi juga disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Menurutnya, menjaga kesehatan dan tidak mengabaikan protokol kesehatan sangat penting terutama selama masa pandemi. "Selain kita melakukan usaha untuk tetap sehat. Mari kita terus disiplin terapkan protokol kesehatan walaupun sudah divaksin. Kita harus lebih ketat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Selama beraktivitas #DiRumahAja untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, Anda serta keluarga juga bisa tetap memeriahkan HUT RI ke-76 di rumah dengan ikutan Kompetisi #MelodiKemerdekaan dari Pesona Indonesia yang berlangsung hingga 20 Agustus 2021.

Caranya, buatlah video kreasi menyanyikan lagu daerah #DiIndonesiaAja dengan pilih salah satu lagu daerah favorit Anda. Agar makin meriah, bisa sambil menari dan bermain musik, atau menggunakan kostum hingga aksesori dengan #BeliKreatifLokal dari UMKM lokal, ya.

Upload video di Instagram feed Anda, jangan lupa mention akun Instagram @pesonaid_travel dan sertakan hashtag #MelodiKemerdekaan pada caption. Pastikan akun Anda tidak di-private dan sudah follow akun Instagram @pesonaid_travel, ya!

Segera bikin video kreasi saat Anda menyanyikan lagu daerah #DiIndonesiaAja. Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah serta tak ketinggalan ucapan spesial hari kemerdekaan dari Presiden Joko Widodo. Selain itu, para pemenang juga akan mendapatkan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia dan gift box dari Rumah Digital Indonesia.

Video-video kreasi terbaik juga berkesempatan ditayangkan di semua media sosial Pesona Indonesia dan platform rumahdigitalindonesia.id. Yuk, buruan ikut!

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini