Kacang Hijau Baik untuk Penderita Diabetes, Ini Alasannya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 298 2458457 kacang-hijau-baik-untuk-penderita-diabetes-ini-alasannya-40ooytVQ2S.jpg Kacang hijau baik dikonsumsi penderita diabetes. (Foto: Shutterstock)

PENDERITA diabetes harus sangat berhati-hati saat mengonsumsi makanan. Harus selektif dalam memilih bahan makanan agar kadar gula darah tetap terjaga dengan baik. Salah satu makanan yang aman dan dianjurkan bagi penderita diabetes adalah kacang hijau (mung bean/green bean).

Masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Kacang hijau bisa dikonsumsi secara langsung, atau ketika sudah mengeluarkan kecambah (tauge).

Baca juga: Manfaat Kacang Hijau, Obati Jerawat hingga Atasi Masalah Kulit 

Secara keseluruhan, kacang hijau adalah salah satu makanan yang cukup baik untuk penderita diabetes. Mengapa?

Ilustrasi diabetes. (Foto: Xb100/Freepik)

Dirangkum dari laman All About Diabetes, Jumat (20/8/2021), kacang hijau menjadi pilihan makanan yang baik untuk penderita diabetes sebab memiliki glikemik index (GI) rendah. Artinya kacang hijau mempunyai sedikit efek, bahkan tidak memengaruhi peningkatan kadar gula darah. Meski demikian, penderita diabetes juga tidak dianjurkan mengonsumsi kacang hijau secara berlebihan.

Baca juga: Manfaat Kacang Hijau untuk Kecantikan, Nomor 2 Tumbuhkan Rambut 

Sebagaimana diketahui, kacang hijau adalah sejenis kacang-kacangan yang kaya protein. Namun, perlu diingat bahwa kacang hijau dapat berbahaya untuk ginjal dan bisa meningkatkan risiko terkena hipertensi (darah tinggi). Bahkan saking tingginya kadar protein dalam kacang hijau, membuat makanan ini dapat sangat berkhasiat untuk perkembangan otak.

Intinya, kacang hijau baik untuk penderita diabetes karena memiliki GI rendah. Namun konsumsinya harus dalam jumlah sedang untuk mencegah timbulnya efek negatif jika dikonsumsi berlebihan.

Selain kaya protein dan rendah GI, kacang hijau juga memiliki banyak nutrisi lainnya, misalnya vitamin dan mineral seperti kalsium, zat besi, tiamin, folat, magnesium, fosfor, serta kalium.

Baca juga: Selain Enak, Ini 4 Khasiat Makan Kacang Hijau untuk Buka Puasa 

Kacang hijau umumnya direkomendasikan untuk orang-orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi membantu pencernaan yang baik dan berkontribusi dalam membuat gula darah lebih stabil.

Tapi perlu diingat bahwa makan kacang hijau tidak akan menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, beberapa ahli mengklaim kacang hijau juga memiliki sifat anti-kanker.

Kacang hijau. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini