Ayah Bunda, Ini 4 Cara Terbaik Melindungi Bayi dari Gigitan Nyamuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 481 2458313 ayah-bunda-ini-4-cara-terbaik-melindungi-bayi-dari-gigitan-nyamuk-DVAfJUYRO3.jpg Ilustrasi cara terbaik cegah bayi dari gigitan nyamuk. (Foto: Shutterstock)

PERUBAHAN iklim dan peningkatan kelembapan telah meningkatkan pertumbuhan nyamuk. Sebagai orang dewasa, tentunya Anda bisa menghindari diri dari serangan nyamuk yang menjengkelkan. Tapi bagaimana dengan bayi dan anak-anak?

Terkadang anak kecil menjadi sasaran empuk nyamuk. Gigitan nyamuk tidak hanya menyebabkan gatal, tetapi juga bisa menimbulkan iritasi dan reaksi alergi dengan ruam kulit yang berkepanjangan bagi pemilik kulit sensitif.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang bisa orangtua lakukan untuk melindungi anak-anak dari gigitan nyamuk, seperti dikutip dari laman Indianexpress, Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Cara Obati Gigitan Nyamuk Biar Enggak Gatal Berhari-hari 

1. Pilih obat nyamuk yang tepat

Cara terbaik melindungi si kecil dari serangan nyamuk adalah menggunakan obat nyamuk. Untuk bayi disarankan menggunakan produk dengan formula lembut yang melindungi dari nyamuk dan lembut di kulit.

Meskipun menjadi cara efektif melindungi dari gigitan, beberapa obat nyamuk mungkin terlalu kuat untuk kulit bayi, dan dapat menyebabkan iritasi serta ruam sehingga penting memilih obat nyamuk yang bebas dari alkohol, pewarna, dan pewangi sintetis.

Bayi. (Foto: New Indian Express)

2. Hindari produk beraroma/parfum

Selain tertarik pada warna gelap dan cerah, nyamuk juga tertarik dengan berbagai wewangian bunga dan buah. Jadi yang terbaik adalah memastikan bayi tidak mengenakan pakaian atau minyak wangi yang memiliki aroma tersebut.

Baca juga: Hari Nyamuk Sedunia, Yuk Kenali 4 Jenis yang Paling Berbahaya 

3. Kenakan pakaian tertutup

Salah satu cara paling efektif melindungi bayi dari gigitan nyamuk adalah dengan meminimalkan area kulit yang terbuka. Pilih rajutan ringan dan pakaian katun yang memungkinkan aliran udara saat menutupi tubuh bayi.

Terutama selama musim hujan ketika nyamuk paling banyak berkembang biak, bayi yang lebih muda dapat mengenakan setelan yang menutupi sebagian besar tubuh. Untuk bayi yang lebih besar, kenakan baju lengan panjang, celana panjang, dan sepatu untuk melindungi dari nyamuk.

4. Siapkan kelambu

Jika orangtua berbagi tempat tidur dengan bayi, bisa menggunakan jaring besar di atasnya. Tapi apabila bayi tidur di ranjang tersendiri, orangtua dapat memasangkan kelambu di atasnya.

Demikian pula, orangtua juga dapat menggunakan kelambu untuk kereta bayi ketika membawanya keluar di malam hari. Akan lebih baik menggunakan jaring yang terbuat dari kain jala halus dengan tepi elastis yang mudah dipasang di ranjang bayi atau kereta dorong bayi. Saat melakukannya, pastikan tidak ada nyamuk yang terperangkap di bawah jaring.

Baca juga: 5 Tanaman yang Ampuh Usir Nyamuk, Apa Saja? 

Bayi. (Foto: Pexels)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini