Studi: Selfie Bisa Menyehatkan Tubuh, Efektif Menaikkan Suasana Hati

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 481 2458323 studi-selfie-bisa-menyehatkan-tubuh-efektif-menaikkan-suasana-hati-hKfRSA7ZzA.jpg Selfie atau swafoto. (Foto: Shutterstock)

SELFIE atau swafoto kini menjadi hal yang umum dilakukan banyak orang. Hasil jepretan itu kemudian banyak diunggah ke media sosial. Tapi tahukah Anda, selfie ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan.

Dikutip dari laman E Online, Jumat (20/8/2021), dalam sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan komputer di University of California, Irvine, ditemukan bahwa selfie secara teratur dapat bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Baca juga: Hari Fotografi Sedunia, Semakin Banyak Orang Berkorban Nyawa demi Foto Sempurna 

Selain itu, bisa meningkatkan suasana hati, membuat diri lebih menghargai, dan tentu saja melatih seseorang menjadi selfie taker yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan selama empat minggu dan melibatkan sebanyak 41 mahasiswa.

Selfie. (Foto: Shutterstock)

Setiap mahasiswa mengunduh aplikasi survei khusus di ponsel untuk mengambil foto dan merekam suasana hati masing-masing. Saat melakukan aktivitas normal sehari-hari seperti pergi ke kelas atau bergaul dengan teman-teman, mereka diminta merekam suasana hatinya tiga kali sehari.

Kemudian para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan ditugaskan mengambil salah satu dari jenis foto berikut: gambar termasuk selfie tersenyum setiap hari, gambar sesuatu yang membawa kebahagiaan bagi mereka, atau jepretan subjek yang menurut siswa dapat membawa kebahagiaan bagi seseorang di mana mereka akan mengirim foto itu.

Baca juga: Tren Selfie Mematikan, 330 Orang di Berbagai Penjuru Dunia Jadi Korban 

Ditemukan bahwa mereka yang ditugaskan mengambil foto narsis setiap hari dilaporkan merasa lebih percaya diri dengan tersenyum selama periode waktu tertentu.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychology of Well-Being ini, seorang siswa melaporkan bahwa seiring berjalannya hari ia merasa lebih nyaman saat mengambil foto diri sendiri, selain itu mood atau suasana hati menjadi naik dan lebih baik.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini