Hobi Fotografi Bisa Sehatkan Mental dan Jadi Terapi Penyembuhan

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 20 Agustus 2021 19:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 481 2458331 hobi-fotografi-bisa-sehatkan-mental-dan-jadi-terapi-penyembuhan-XKSrUC03Ai.jpg Ilustrasi hobi fotografi. (Foto: Shutterstock)

FOTOGRAFI bisa menjadi hobi yang menyenangkan untuk dijalani. Fotografi pun kini jadi bentuk seni yang sangat populer dilakukan. Aktivitas ini memungkinkan Anda untuk menangkap gambar dunia di sekitar dan menunjukkan sudut pandang khusus kepada orang lain.

Melalui penggunaan pencahayaan, sudut, pembingkaian, alat peraga, dan pemandangan yang kreatif; Anda dapat mengubah citra sehari-hari menjadi terlihat artistik yang unik. Namun, seni yang diciptakan bukanlah satu-satunya cara fotografi dapat memperkaya hidup Anda.

Dinukil dari laman Living Medicareful, Jumat (20/8/2021), seperti halnya bentuk seni lainnya, ada banyak cara fotografi yang bisa memberikan manfaat kesehatan bagi Anda. Faktanya, fotografi bisa baik untuk pikiran, tubuh, dan kesehatan mental lho. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Hari Fotografi Sedunia, Semakin Banyak Orang Berkorban Nyawa demi Foto Sempurna 

Ilustrasi hobi fotografi. (Foto: Shutterstock)

1. Bermanfaat untuk kesehatan otak

Dalam kesehatan secara umum, fotografi juga berkaitan dengan cara penyampaian penuaan yang sehat di otak. Seperti telah dialami dan dikatakan pada masa lalu, otak manusia bekerja dengan cara berbeda, yakni bisa ingat atau lupa.

Pada dasarnya, setiap orang perlu merangsang pikirannya seiring bertambahnya usia agar tetap tajam. Mengambil bagian dalam berbagai bentuk seni adalah cara yang efektif untuk menjaga otak tetap aktif, dan fotografi itu sendiri telah dipelajari untuk menganalisis nilainya sebagai penguat otak dalam jangka panjang.

Baca juga: 5 Tips Foto OOTD di Rumah Tak Kalah Keren dengan Bidikan Fotografer Profesional 

Pada 2013, sekelompok peneliti menguji beberapa hobi dengan permintaan kognitif yang tinggi. Salah satunya adalah fotografi. Apa yang mereka temukan adalah bahwa aktivitas ini meningkatkan memori pada orang dewasa yang lebih tua, terutama jika dibandingkan dengan aktivitas non-sosial atau aktivitas rendah permintaan.

Studi lain melihat hubungan antara fotografi dan memori, khususnya bagaimana melihat foto lama dapat membantu merangsang memori pada orang dewasa yang lebih tua.

2. Memberikan terapi penyembuhan

Fotografi juga dipandang efektif dalam membantu kesehatan mental yang kuat, serta membantu orang lain mengatasi masalah kesehatan mental. Seni telah lama digunakan sebagai metode terapi untuk berbagai kecemasan atau gangguan kesehatan mental, dengan fotografi khususnya dikembangkan menjadi PhotoTherapy.

Baca juga: Buat Traveller Muslim Hobi Fotografi, Perhatikan 3 Hal Ini saat Liburan 

Manfaat terapi fotografi yang cukup terkenal oleh banyak pekerja sosial dan digunakan sebagai alat di kedua pengaturan individu dan kelompok. Praktisi menggunakan metode ini untuk fokus pada mendorong keterampilan sosial, mekanisme koping, meningkatkan harga diri, dan pembentukan identitas.

Salah satu alasannya adalah bahwa fotografi bertindak sebagai cara untuk membantu mereka yang menderita penyakit mental mengekspresikan diri, terutama berjuang dengan bentuk terapi yang lebih tradisional. Gambar juga telah digunakan untuk memandu sesi terapi.

Ilustrasi hobi fotografi. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini