Hilang Indra Penciuman Jangan Panik, Simak Cara Sembuh Anosmia ala dr. Tirta

MNC Media, Jurnalis · Sabtu 21 Agustus 2021 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 21 612 2458826 hilang-indra-penciuman-jangan-panik-simak-cara-sembuh-anosmia-ala-dr-tirta-JlsAxLquRO.jpg Dokter Tirta. (Foto: Youtube)

DOKTER Tirta kembali membuat video yang bermanfaat bagi penonton setelah mendapat respons positif dari video edukasi mengenai virus corona. Dokter Tirta Mandira Hudhi atau yang akrab disapa dr Tirta merupakan dokter muda sekaligus pengusaha. 

Ia seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube. Dokter Tirta beberapa kali membahas tentang kasus covid-19 yang meningkat dan kehadiran varian baru yaitu corona varian delta. Ia juga sempat mengangkat isu hoaks yang beredar mengenai virus tersebut.

Kali ini dr Tirta membuat video khusus yang menjelaskan tentang anosmia atau hilangnya indra penciuman. Ia pun menjelaskan bahwa anosmia adalah hilangnya fungsi indra penciuman karena adanya gangguan pada sel saraf penciuman. 

Ia pun mengungkapkan bahwa anosmia tidak hanya terjadi pada Covid, kondisi tersebut dapat terjadi ketika seseorang mengalami polip hidung, sinusitis kronis, tulang hidung patah, alergi rhinitis, dan lainnya.

Dokter Tirta

“Kalau kamu cuma anosmia doang, kamu belum tentu Covid, bisa jadi penyakit yang lain. Tapi kalau jelas disertai dengan demam, nyeri telan, batuk, probable Covid” ujar dr. Tirta.

dr. Tirta mengungkapkan bahwa anosmia dapat hilang dengan cara memancing saraf dengan mencium bau-bau tajam seperti kopi dan wangi-wangian. 

“Jadi kalau kamu anosmia doang, jangan panik. Dan untuk orang yang recover Covid anosmia bisa sampai 3 minggu sampai 4 minggu walaupun dia sembuh Covid. Semakin nutrisimu bagus, semakin anosmia akan selesai” tutur dr. Tirta.

Yuk simak penjelasan selengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini