Kenali 7 Manfaat Porang yang Buat Presiden Jokowi Kepincut karena Harganya Capai Rp40 Juta

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 21 Agustus 2021 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 21 612 2458880 kenali-7-manfaat-porang-yang-buat-presiden-jokowi-kepincut-karena-harganya-capai-rp40-juta-v2rU2EappR.jpg Tanaman porang (Foto : Pertanian.go.id)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) meminta porang menjadi makanan masa depan. Pasalnya, porang sangat rendah kalori, low carbon, dan juga rendah kadar gula.

Selain itu, Porang pun memiliki nilai jual yang tidak murah. Hal ini terungkap kala salah satu petani muda Yoyok Triyono, yang bercerita kepada Presiden Jokowi mengenai bagaimana menggiurkannya prospek bercocok tanam umbi-umbian yang sedang naik daun tersebut, sehingga menarik minat anak-anak muda di Madiun untuk menggelutinya.

Yoyok baru mulai menanam porang dari 2010 dan awalnya hanya memiliki lahan seluas 0,3 hektare yang merupakan warisan dari ayahnya. Sekarang, luas lahan yang dimiliki Yoyok telah mencapai tiga hektare.

Ketika ditanyakan berapa uang yang didapat dari hasil penjualan porang setiap hektarnya. Yoyok mengaku 1 hektar bisa menghasilkan 15 hingga 20 ton selama 8 bulan dengan hasil Rp40 juta.

POrang

Tanaman porang sendiri diketahui merupakan salah satu tanaman asli dari Indonesia, bahkan berperan penting kala Indonesia dijajah oleh Jepang. Pasalnya, masyarakat Indonesia yang bermukim di area dekat hutan diharuskan mencari tanaman bernama latin Amorphophallus Oncophyllus ini sebagai bahan pangan dan industri.

Mengutip Pangan Litbang Pertanian, tanaman porang disebutkan masuk dalam tanaman anggota famili Araceae, yang terkenal di kalangan masyarakat awam dengan nama bunga bangkai karena bau bunganya yang tidak sedap.

Biasanya, tanaman porang hanya diambil dari pertanaman yang tumbuh liar di bawah tegakan pohon atau di wilayah sekitar hutan lalu dijual dalam bentuk umbi basah.

Ya, tanaman porang memang belum familiar dibudidayakan oleh masyarakat luas. Padahal secara manfaat, tanaman satu ini ternyata memiliki begitu banyak manfaat loh! Seperti dikutip dari Badan Litbang Pertanian Jakarta, berikut

Lem

Bukan lem biasa, konjac glucomannan (kgm) dalam tanaman porang bisa dimanfaatkan menjadi lem yang ramah lingkungan.

Bahan campuran

Tak hanya sebagai lem, konjac pada tanaman porang bisa dijadikan bahan campuran untuk membuat kertas yang kuat dan tahan lama, perekat kertas, cat, kain katun dan wol, hingga pengilap kain yang lebih berkualitas tapi lebih murah.

Bahan obat

Konjac di tanaman porang untuk kesehatan, digunakan sebagai bahan pembentuk kapsul obat-obatan sebagai perekat.

Pembersih air

Tanaman satu ini bisa dimanfaatkan untuk memurnikan air dan keloid dari bir, gula, minyak dan serat dengan memanfaatkan komponen glukomannan di dalamnya.

Bahan makanan

Pernah dengar pilihan mi yang lebih sehat, mi shirataki? Nah, konjac dalam tanaman porang yang diolah jadi tepung bisa digunakan untuk membuat mi shirataki dan konnyaku untuk bahan minuman.

Kurangi kadar kolesterol

Kandungan glukomannan pada tanaman porang umbi bisa membantu mengurangi kadar kolesterol di darah.

Isolator listrik

Gukomannan dari porang dalam bentuk gel, bisa dijadikan pengganti gel silikan. Nah, gel ini diketahui sangat bagus untuk mencegah penghantaran listrik dan panas.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini