Hati-Hati, Stunting Sebabkan Sistem Imun Anak Jadi Buruk Loh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 21 Agustus 2021 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 21 612 2458894 hati-hati-stunting-sebabkan-sistem-imun-anak-jadi-buruk-loh-pXrTgpHaB7.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu dampak buruk dari stunting adalah sistem imun tubuh menjadi kurang optimal. Stunting biasa dikenali dari panjang badan dan tinggi badan dibandingkan dengan usianya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut seorang anak bisa disebut stunting jika sudah memenuhi 2 dari standar deviasi di bawah median kurva pertumbuhan anak. Dokter Spesialis Gizi Klinik dr Nurul Ratna Mutu Manikam, Sp.GK, pun membenarkan efek samping dari stunting adalah anak mudah sakit.

"Jika anak mengidap stunting, sistem imunnya bisa kurang baik sehingga anak mudah sakit," ungkap dr Nurul saat Instagram Live, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, stunting pun dapat memengaruhi kinerja otak si anak dan ini berdampak ke kualitas kecerdasannya. "Stunting juga menyebabkan kecerdasan si anak berada di bawah rata-rata sehingga prestasi belajarnya tidak bisa maksimal," sambungnya.

Bayi

Buruknya lagi, stunting hingga sekarang belum dapat dipastikan penyebab utamanya. Tapi, para ahli kesehatan maupun dokter mengungkapkan bahwa penyebab stunting di Indonesia itu beragam.

"Mulai dari kekurangan energi kronik pada ibu hamil, kurangnya pengetahuan ibu, penyakit infeksi berulang pada anak, sanitasi yang kurang, hingga layanan kesehatan yang terbatas," papar dr Nurul.

Nah, salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan para orangtua untuk cegah anak lahir stunting, menurut dr Nurul, adalah konsumsi makanan bergizi dan seimbang. Konsep makan Isi Piringku yang dirancang Kementerian Kesehatan bisa jadi acuannya.

"Jadi, dalam satu piring itu terdiri dari makanan pokok (⅓ porsi) dan sayur (⅓ porsi), serta sisanya adalah lauk-pauk dan buah-buahan (⅓ porsi). Namun untuk balita, porsi lauk perlu ditambahkan lebih banyak," sarannya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini