4 Tips Olahraga untuk Penyintas Covid-19, Baca Yuk!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 22 Agustus 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 22 612 2459286 4-tips-olahraga-untuk-penyintas-covid-19-baca-yuk-cMtl4o0OE7.jpg Olahraga ringan (Foto: CNET)

PERLU diketahui bahwa masa pemulihan bagi para penyintas Covid-19 tidak kalah penting dengan masa penyembuhannya melawan virus corona.

Selain mengonsumsi makanan bergizi agar cepat pulih, sejatinya melakukan olahraga juga tidak kalah penting. Olahraga dapat membantu Anda mendapatkan imunitas tubuh yang baik.

Namun, tidak semua jenis olahraga dapat dilakukan oleh penyintas Covid-19. Karenaitu, Dr. Cut M.Gz.SpGK, AIFOK, FINEM memberikan tips olahraga bagi penyintas Covid-19, sebagaimana dilansir dari akun Instagram pribadinya @drcuthh.

 olahraga ringan

1. Olahraga dilakukan usai bebas gejala

Penderita Covid-19 dapat mengalami gejala yang berbeda satu sama lain. Ada yang mengalami gejala ringan, sedang, hingga berat. Karenanya, jika Anda ingin berolahraga, Anda dapat berolahraga setelah 5-7 hari bebas gejala.

2. Dilakukan secara bertahap

Dokter lulusan Universitas Indonesia ini mengatakan bahwa jika Anda ingin berolahraga, olahraga dapat dilakukan secara bertahap dengan intensitas dan durasi yang ringan.

3. Pantau saturasi oksigen saat berolahraga

Dokter Cut menyarankan agar jenis olahraga yang dapat dilakukan berupa breathing exercise atau olahraga pernapasan.

Selain itu, penting untuk memantau kadar saturasi oksigen dan frekuensi pernapasan saat Anda berolahraga. Anda harus mengatur napas dengan baik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

4. Hindari olahraga kardio

Penderita Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga cardio dengan intensitas sedang hingga tinggi. Selain itu, mereka juga dianjurkan untuk tidak melakukan latihan kekuatan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini