Share

Aksesori Handmade Karya Anak Bangsa Ini Bikin Penampilan Kamu Tambah Stylish

Karina Asta Widara , Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 12 2459752 aksesori-handmade-karya-anak-bangsa-ini-bikin-penampilan-kamu-tambah-stylish-AFGtIYTLW3.jpg Foto : ( Instagram @rayya_accessories)

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya alam dan budaya yang mampu melahirkan kerajinan tangan khas Indonesia sebagai salah satu bentuk kesenian karya anak bangsa. Ada banyak karya seni yang bisa diciptakan seperti, ukiran, lukisan, hingga perhiasan atau aksesori.

Nah, bicara soal perhiasan atau aksesori. Salah satu bentuk karya seni ini menjadi penunjang penampilan wanita Indonesia untuk tampil cantik. Tak harus memiliki unsur emas, aksesori handmade atau asli buatan tangan ini ternyata bisa bikin penampilan Anda lebih stylish dan elegan. Tidak percaya? Simak ulasan berikut ini.

1. Anting Handmade

 

 Foto: (@Bohemianproject.id)

Salah satu perhiasan atau aksesori yang bisa bikin penampilan Anda semakin manis adalah anting handmade motif etnik khas Indonesia. Beragam jenis anting dengan bentuk yang manis ini bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan penampilan Anda lho. Bagi Anda yang berhijab, tenang saja, karena anting etnik juga cocok digunakan sebagai aksesori yang dikaitkan pada hijab Anda supaya penampilan Anda jadi makin manis.

Tertarik membeli anting etnik ini? Nah, Anda bisa membelinya secara online di akun Instagram @Bohemianproject.id atau bisa juga cek di berbagai e-commerce yang ada #DiIndonesiaAja.

2. Cincin Giok

 

Foto: (@fitridesignsjewellery)

Giok atau juga biasa disebut dengan jade merupakan salah satu jenis batu permata cantik berwarna hijau. Batu ini juga dikenal memiliki unsur mineral yang sudah diteliti dan digunakan sejak ribuan tahun lalu. Nah, bagi Anda yang menyukai penampilan serba etnik, tidak salah jika Anda memilih batu giok untuk dijadikan sebagai salah satu perhiasan atau aksesori yang melekat di jari cantik Anda.

Di Indonesia sendiri, Anda bisa menemukan banyak pelaku UMKM atau pengusaha kreatif lokal yang menjual giok sebagai perhiasan atau aksesori.

Seperti yang dikatakan oleh Menparekraf Sandiaga Uno, adanya pandemi Covid-19 memperlihatkan betapa gigihnya masyarakat Indonesia, terutama pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi, dan berinovasi di masa pandemi Covid-19 ini. Selain itu, memperlihatkan juga betapa kuatnya potensi pasar dalam negeri di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat memajukan brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan satu sama lain. Dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi,” ujar Sandiaga.

Nah, tertarik membeli tapi masih #DiRumahAja? Tenang, Anda tak perlu datang langsung ke toko, Anda bisa memilih beragam jenis cincin giok yang sesuai dengan selera di akun Instagram @fitridesignsjewellery atau melalui katalog di masing-masing media sosial pelaku usaha lokal lainnya secara online. Selain itu, Anda juga bisa dapatkan di berbagai e-commerce yang ada #DiIndonesiaAja.

3. Gelang Mutiara handmade

 

Foto (Instgram @bening_by_helena)

Mutiara merupakan salah satu aksesori yang sangat elegan dan klasik. Tak hanya itu saja, mereka yang menggunakan aksesori mutiara konon bisa terlihat lebih glamour dan berkelas.

Nah, bagi Anda yang suka dengan penampilan elegan nan klasik, Anda bisa memilih aksesori seperti gelang mutiara handmade satu ini sebagai penunjang penampilan Anda lho, khususnya untuk menghadiri acara-acara formal atau pesta. Jangan lupa cek akun Instagram @bening_by_helena atau platform e-commerce yang ada #DiIndonesiaAja untuk mendapatkan gelang mutiara handmade sesuai keinginan Anda.

Tak kalah penting dari aksesori, jika ada hal yang mengharuskan Anda keluar rumah, jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan 6M, yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari keramaian, menghindari makan bersama, serta mengurangi mobilitas.

Selain menerapkan protokol Kesehatan 6M, jangan lupa berpartisipasi dalam vaksinasi, ya! Hal itu tentunya demi menekan angka penyebaran virus Covid-19 sehingga akan tercapai kekebalan kelompok atau herd immunity yang nantinya akan terwujud #InDOnesiaCARE.

4. Kalung Batu Handmade

 

Foto(@sofia_handycraft)

Kalung merupakan salah satu aksesori yang paling disukai oleh kebanyakan wanita Indonesia. Selain simple, tentunya kalung juga bisa mempercantik penampilan Anda. Bahkan, kalung handmade juga seringkali dijadikan sebagai oleh-oleh khas suatu daerah, lho.

Nah, jika Anda sedang mencari aksesori dengan harga yang cukup terjangkau untuk menunjang penampilan Anda menjadi semakin menawan, Anda bisa lho menggunakan kalung batu handmade buatan seniman Indonesia ini. Ada banyak beragam pilihan jenis dan warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan. Jika tertarik dan sedang mencari kalung dengan jenis batu ini, Anda bisa #BeliKreatifLokal secara online di akun Instagram @sofia_handycraft atau bisa juga di berbagai e-commerce #DiIndonesiaAja.

Itu dia ulasan mengenai aksesori handmade karya anak bangsa yang bisa bikin penampilan Anda tambah stylish. Nah, mumpung masih #DiRumahAja, Anda juga dapat mengisi waktu dengan mengikuti video Kompetisi TikTok Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja. Caranya sangat mudah, Anda hanya tinggal membuat konten kreasi video TikTok berdurasi maksimal 15 detik.

Jangan lupa untuk menggunakan efek #DiIndonesiaAja dan backsound jingle ‘Aku Cinta Indonesia’. Upload video kreasi tersebut dengan hashtag #DiIndonesiaAja dan mention @indonesia.travel. Pastikan akun TikTok Anda tidak di-private, ya! Dapatkan hadiah total jutaan rupiah dan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia untuk 20 orang pemenang.

Mudah bukan? Tunggu apalagi, yuk segera ikutan! Follow juga akun TikTok @indonesia.travel dan akun Instagram @pesonaid_travel untuk mendapatkan lebih banyak informasi seputar pariwisata dan produk kreatif lokal #DiIndonesiaAja. (CM)

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini