Share

Unik, Kerajinan Tangan Ini Ada #DiIndonesiaAja Lho

Karina Asta Widara , Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 12 2459769 unik-kerajinan-tangan-ini-ada-diindonesiaaja-lho-Uu1MkaA63Z.jpg Foto: Dok Wonderful Image

Selain dikenal dengan kekayaan alam yang tidak ada habisnya, Indonesia juga dikenal dengan produk kerajinan tangannya. Produk dari para pengrajin ini tidak hanya sekadar memiliki nilai jual, namun juga memiliki kualitas yang baik. Tak heran, jika produk kerajinan tangan yang ada #DiIndonesiaAja ini telah dikenal hingga mancanegara.

Pasalnya, kerajinan tangan dari para pelaku ekonomi kreatif lokal memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari tas yang bikin gaya Anda semakin keren, hingga hiasan yang dapat memperindah dekorasi rumah Anda, semua itu bisa ditemukan di berbagai UMKM #DiIndonesiaAja. Selain dapat membantu para pelaku usaha tetap bertahan di masa pandemi, dengan #BeliKreatifLokal juga bisa membuat Anda tidak mudah jenuh meski berada #DiRumahAja.

Berikut ini kerajinan tangan yang bisa menginspirasi gaya hingga dekorasi rumah Anda.

1. Buket bunga

(Foto: Instagram/@bunga.bouquet_)

Bunga kerap menjadi pilihan untuk dekorasi rumah atau pun hadiah di berbagai acara. Hiasan dekorasi dari bunga ini memerlukan perawatan yang ekstra agar tahan lama. Nah, saat ini ada bunga buatan atau dikenal sebagai bunga imitasi yang tidak kalah indah. Kreasi bunga buatan dari penggiat ekonomi kreatif yang ada #DiIndonesiaAja ini bisa dijadikan buket hadiah sebagai hantaran saat pernikahan, hingga mempercantik ruangan di rumah, agar dekorasi rumah Anda lebih fresh. Apalagi, bunga buatan ini memiliki beragam warna pilihan yang dapat disesuaikan dengan selera Anda.

Anda bisa cek akun Instagram @bunga.bouquet atau buka aplikasi e-commerce yang ada di gadget Anda untuk mencari buket bunga sesuai selera dan kebutuhan Anda dari berbagai brand lokal lainnya.

2. Keramik Lukis

 

(Foto: Instagram/@caninapainting)

Disela kesibukan saat melakukan berbagai kegiatan dari rumah, Anda bisa mendekorasi ulang sudut rumah dengan kerajinan tangan produk dari para pelaku ekonomi kreatif lokal. Salah satunya, kerajinan tangan berupa keramik lukis. Uniknya, keramik yang digunakan sebagai media lukis merupakan alat makan, seperti piring, cangkir, dan botol kaca. Jangan khawatir, keramik lukis ini juga memiliki banyak motif, salah satunya adalah batik.

Tak perlu keluar rumah untuk mendapatkan kerajinan tangan bernilai seni ini, yuk cek katalog di media sosial para pengrajin lokal, salah satunya dari akun Instagram @caninapainting, atau #BeliKreatifLokal dari e-commerce kesukaan Anda.

3. Lampion untuk Dekorasi

(Foto: Instagram/@lampionld)

Bukan hanya dinding ataupun meja, lampu rumah juga bisa dipercantik dengan menggunakan lampion. Pasalnya, lampion dari pengrajin lokal ini telah dimodifikasi dengan beragam hiasan dan warna. Dengan begitu, lampu-lampu di dalam maupun di halaman rumah menjadi lebih cantik dan menambah kenyamanan saat harus berada #DiRumahAja.

Keseruan #BeliKreatifLokal kerajinan tangan yang hanya ada #DiIndonesiAja ini bisa dilakukan secara online melalui media sosial UMKM, salah satunya dari brand @lampionId ataupun e-commerce andalan Anda.

4. Makrame

 

(Foto: Instagram/@noeny_craft)

Makrame adalah kerajinan tangan terbuat dari anyaman tali atau kain yang diikat dan disimpulkan. Kerajinan tangan jenis ini bisa menjadi pilihan hiasan dinding masa kini. Dengan banyaknya motif yang ditawarkan oleh para pengrajin dapat membuat dinding rumah terlihat lebih estetik. Di masa pandemi ini, #BeliKreatifLokal makrame bisa dilakukan melalui e-commerce  dan media sosial para pelaku ekonomi kreatif lokal, salah satunya dari brand lokal @noeny_craft.

5. Tas Anyaman

(Foto: Instagram/@delio.craft)

Kerajinan anyaman biasanya terbatas pada peralatan dapur, seperti tampah dan caping. Kini, anyaman telah dimodifikasi oleh para pelaku ekonomi kreatif hingga menjadi tas yang unik dan keren. Di masa pandemi ini, selain membantu para pelaku ekonomi kreatif, #BeliKreatifLokal tas anyaman juga bisa sebagai referensi gaya baru Anda saat harus kembali ke kantor nanti.

Kerennya, tas anyaman ini memiliki berbagai motif yang bisa Anda pilih di e-commerce atau media sosial para pengrajin lokal, salah satunya dari brand lokal @delio.craft. Tas anyaman ini juga tersedia dengan berbagai ukuran, mulai dari yang minimalis hingga kapasitas yang cukup besar untuk menampung segala macam barang, seperti masker ganti, hand sanitizer, dan alat makan sendiri bagi Anda yang harus berkegiatan di luar rumah selama pandemi. Jangan lupa mengikuti program vaksinasi ya bentuk dari #InDOnesiaCARE agar tercipta kekebalan tubuh untuk melawan virus corona.

Agar terus dapat membantu para pelaku ekonomi kreatif lokal untuk tetap bertahan sehingga terwujudnya #IndonesiaTangguhIndonesiaTumbuh, jangan lupa baik produsen ataupun kita sebagai konsumen harus menjaga protokol kesehatan 6M yaitu, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, menghindari makan bersama, dan mengurangi mobilitas.

(Foto: Wonderful Image)

Bahkan, Menparekraf Sandiaga Uno, mengungkapkan adanya pandemi Covid-19 memperlihatkan betapa gigihnya masyarakat Indonesia, terutama pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi dan berinovasi di masa pandemi Covid-19 ini. Selain itu, memperlihatkan juga betapa kuatnya potensi pasar dalam negeri di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat memajukan brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan satu sama lain. Dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi,” ujar Sandiaga Uno.

Selain dengan produktif mencoba gaya dan mengubah dekorasi rumah, Anda juga bisa menghilangkan kejenuhan selama #DiRumahAja dengan mengikuti kompetisi video TikTok Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja dari Pesona Indonesia yang berlangsung hingga 27 Agustus 2021. Caranya sangat mudah, cukup dengan membuat konten kreasi video TikTok berdurasi maksimal 15 detik. Lengkapi video Anda dengan efek #DiIndonesiaAja dan backsound jingle Aku Cinta Indonesia. Selanjutnya, upload video kreasi tersebut dengan hashtag #DiIndonesiaAja dan mention ke akun TikTok @indonesia.travel.

Mudahkan? Untuk mendapatkan informasi lainnya seputar travelling #DiIndonesiaAja, kamu bisa follow akun Instagram @pesonaid_travel. Jangan sampai ketinggalan ya!

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini