Konsumsi 7 Makanan Sehat Ini untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 17:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 298 2459837 konsumsi-7-makanan-sehat-ini-untuk-turunkan-tekanan-darah-tinggi-GxHC1eZQAQ.jpg Ilustrasi makanan sehat penurun tekanan darah tinggi. (Foto: Pixabay)

HIPERTENSI atau biasa dikenal tekanan darah tinggi termasuk penyakit berbahaya. Pasalnya, sering kali tidak menunjukkan gejala. Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka bisa mengakibatkan komplikasi yang dapat menyerang jantung dan stroke, bahkan mengakibatkan kematian.

Pola hidup yang tidak teratur menjadi faktor umum penyebab penyakit tekanan darah tinggi. Maka itu, ubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan rutin olahraga, kurangi garam, makanan olahan, serta mulai mengonsumsi asupan bernutrisi dan bervitamin seperti buah, sayuran, susu rendah lemak, dan makanan kaya serat lainnya.

Baca juga: Viral Emak-Emak Basah Kuyup Selamatkan Bendera Merah Putih Jatuh, Netizen pun Terharu 

Marwah Abdalla MD MPH, ahli jantung di New York-Presbyterian/Columbia University Irving Medical. Tengah, mengatakan, "Diet DASH menyehatkan jantung dan kaya akan makanan yang memiliki kandungan kalsium, magnesium, potasium, protein, dan serat yang tinggi."

Nutrisi tersebut sangat penting untuk menurunkan tekanan darah secara alami. Dirangkum dari laman Menshealth, Senin (23/8/2021), ini tujuh makanan sehat yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Bawang putih.

1. Bawang putih

Bahan-bahan makanan yang sering Anda temukan di dapur seperti bawang putih nyatanya memberikan kandungan yang sangat dashyat. Menurut National Institute of Health (NIH), bawang puth mengandung senyawa allicin yang dapat berfungsi membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan allicin dilepaskan ketika bawang putih dihancurkan atau dicincang. Namun, dokter tidak menyarankan penggunaan suplemen bawang putih karena penelitian tentang efektivitasnya untuk hipertensi masih terbatas.

2. Ubi merah

Ubi merah terkanal kaya akan oksida nitrat yang mampu mengurangi tekanan darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa minum jus ubi merah tanpa gula dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik Anda sebesar empat hingga 5 mmHg.

Baca juga: Ini Penyebab Gangguan Berkemih pada Pria dan Wanita 

3. Salmon

Ikan berlemak seperti salmon dan makarel merupakan makanan kaya akan asam lemak omega-3 tinggi serta dipercaya mampu mengurangi peradangan menetralkan tekanan darah. Tidak hanya itu, ikan laut tersebut merupakan sumber vitamin D yang bagus, membantu tubuh menyerap kalsium, melindungi dari depresi, dan mengatur tekanan darah.

4. Oatmeal

Makanan yang Anda sering ditemukan di supermarket atau minimarket ini merupakan biji-bijian berserat tinggi. Kandungan dari oatmeal juga membantu dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, darah tinggi, dan risiko penyakit jantung. Makanan ini biasa dikonsumsi untuk sarapan dan merupakan cara yang bagus untuk memulai hari Anda dengan biji-bijian.

5. Cokelat hitam

Kabar baik untuk semua pencinta cokelat hitam murni bahwa menurut sebuah studi Mei pada 2017 di Heart, cokelat hitam yang kaya flavonol telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Studi ini menemukan bahwa flavonol dalam cokelat hitam membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah yang sehat.

Cokelat hitam.

Baca juga: 10 Tips Aman Mengolah Obat Tradisional 

6. Alpukat

Buah alpukat dipercaya memiliki kandungan yang banyak dan baik untuk tubuh. Pasalnya, buah ini merupakan sumber kalsium, magnesium, dan potasium. Satu buah alpukat mengandung sekira 975 miligram potasium, yaitu 25 persen dari asupan harian Anda.

7. Pisang

Buah pisang juga kaya akan potasium yang tinggi. Kandungan pada satu pisang berukuran rata-rata mengemas sekira 420 miligram potasium dan serat yang baik untuk tubuh Anda. Sangat cocok dan lezat bila dijadikan smoothie dalam rangka pola penurunan diet berat badan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini