Bunda, Ini 5 Cara Cepat dan Aman Turunkan Berat Badan Usai Melahirkan

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 481 2459611 bunda-ini-5-cara-cepat-dan-aman-turunkan-berat-badan-usai-melahirkan-ObWxofa9c5.jpg Ilustrasi menurunkan berat badan usai melahirkan. (Foto: Thehealthsite)

MENGALAMI kenaikan berat badan usai hamil dan melahirkan merupakan hal yang normal bagi seorang ibu. Namun, ada sebagian ibu yang memutuskan segera menurunkan berat badan karena berbagai alasan, entah faktor kesehatan maupun penampilan.

Tidak ada yang salah untuk menurunkan berat badan usai melahirkan. Hal itu justru baik untuk mencegah risiko kelebihan berat badan, risiko diabetes dan penyakit jantung, serta risiko penyakit komplikasi lainnya.

Tetapi, harus menerapkan metode diet yang aman, terutama untuk ibu yang masih menyusui. Lantas, bagaimana caranya? Simak langkah lengkapnya berikut, seperti dikutip dari laman Healthline, Senin (23/8/2021).

Baca juga: Ingin Berat Badan Turun? Stop Lewatkan Sarapan 

1. Konsumsi makanan tinggi serat

Menurunkan berat badan yang aman adalah menghindari diet terlalu ketat. Sebaiknya konsumsi makanan-makanan yang tinggi serat. Misalnya, biji-bijian dan sayuran-sayuran sehat. Mengapa? Sebab mengonsumsi makanan tinggi serat telah terbukti membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena makanan-makanan tersebut dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama dengan memperlambat pencernaan dan mengurangi kadar hormon rasa lapar.

Makanan berserat.

2. Masukkan protein sehat ke daftar asupan harian

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa memasukkan protein dalam diet dapat meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan, dan mengurangi asupan kalori. Nah, contoh sumber protein sehat di antaranya daging tanpa lemak, telur, ikan bermerkuri rendah, polong-polongan, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta susu.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengetahui Diet Berhasil atau Tidak 

3. Hindari konsumsi gula tambahan dan karbohidrat olahan

Berikutnya yang tidak kalah penting dalam menurunkan berat badan adalah membatasi atau menghindari konsumsi gula tambahan serta karbohidrat tambahan. Sebab, penelitian telah mengaitkan bahwa asupan tinggi gula tambahan dan karbohidrat olahan dapat menyebabkan peningkatan berat badan, diabetes, penyakit jantung, beberapa jenis kanker, dan bahkan penurunan kognitif.

Sebagai gantinya, bunda bisa mengonsumsi makanan-makanan alternatif yang lebih sehat. Di antaranya sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan yoghurt.

4. Hindari makanan ultra-proses

Kemudian hindari juga makanan-makanan yang diproses tinggi seperti makanan cepat saji, makanan kemasan, kue, permen, keju olahan, dan sebagainya. Mengapa? Karena seperti diketahui bahwa makanan yang diproses tinggi biasanya tinggi gula, mengandung lemak tidak sehat, garam berlebih, dan kalori tinggi yang semuanya dapat melawan upaya penurunan berat badan Anda. Sayang sekali, bukan?

Baca juga: Unik, Ilmuwan Ciptakan Alat Penurun Berat Badan dari Magnet 

5. Olahraga

Terakhir yang tidak kalah penting dalam upaya menurunkan berat badan adalah olahraga. Ya, menggerakkan tubuh Anda memiliki banyak manfaat secara umum, namun secara khusus dapat meningkatkan penurunan berat badan. Cobalah lakukan olahraga-olahraga kardio, seperti jalan kaki, joging, lari, bersepeda, dan latihan interval secara rutin.

Olahraga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini