Share

Dokter Beberkan Cara Hitung Masa Subur Wanita Setelah Menstruasi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 481 2459629 dokter-beberkan-cara-hitung-masa-subur-wanita-sesuai-setelah-menstruasi-MKNHR8pnrL.jpg Ilustrasi cara menghitung masa subur wanita. (Foto: Shutterstock)

KEHADIRAN buah hati tercinta tentu menjadi impian setiap pasangan suami istri. Demi mewujudkan impian tersebut, sebelum melakukan hubungan intim, ada baiknya pasangan mengetahui kapan masa subur wanita.

Terkait hal tersebut, Dokter Rumiris melalui unggahan video di kanal YouTube-nya mengatakan ada beberapa cara mudah dan akurat untuk menghitung masa subur wanita.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Ibu Hamil Jangan Lupa Konsumsi Makanan Bergizi 

Setiap wanita memiliki periode siklus menstruasi. Setelah menstruasi berakhir, ada hari-hari yang disebut sebagai masa subur. Nah, di masa subur ini merupakan saat terbaik untuk melakukan hubungan intim suami-istri.

Ilustrasi cara hitung masa subur wanita.

"Melakukan hubungan suami-istri di masa subur memungkinkan adanya konsepsi atau pembuahan sperma dengan sel telur sehingga kemungkinan untuk hamil jauh lebih besar," jelas dr Rumiris.

Baca juga: Wanita Pernah Hamil Tak Bisa Donor Plasma Konvalesen, Apa Alasannya? 

Ada dua jenis masa menstruasi, yakni teratur dan tidak teratur. Disebut dengan masa menstruasi teratur adalah periode menstruasi 28 hari setiap kali periode menstruasinya.

"Namun jangan khawatir, karena yang tidak 28 hari sekalipun masih dianggap normal. Hanya saja, itu masuk kategori yang tidak teratur," tuturnya.

Adapun cara menghitungnya adalah jika periode menstruasi terjadi setelah 28 hari, maka dibagi dua yang menghasilkan angka 14. Maka, puncak masa suburnya adalah 14 hari setelah hari pertama haid terjadi.

"Namun 3 hari sebelum hari tersebut, dan 2 hari setelah hari tersebut juga masih tergolong masa subur," beber dr Rumiris.

Baca juga: Viral 3 Wanita Kembar Kompak Hamil, Bakal Melahirkan di RS dan Dokter yang Sama 

Ia pun mencontohkan jika seseorang mendapatkan haid pada 1 Agustus, maka puncak kategori masa suburnya adalah tanggal 14 Agustus.

Namun tidak hanya itu, 3 hari sebelumnya yakni 11 Agustus dan 2 hari setelahnya yakni 16 Agustus masih masuk kategori masa subur. Maka itu, ayah dan bunda bisa melakukan hubungan pada periode tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini