Share

Saat Badai Sitokin Kenapa Saturasi Saya Baik? Tanya Deddy Corbuzier ke dr Gunawan

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Senin 23 Agustus 2021 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 612 2459721 saat-badai-sitokin-kenapa-saturasi-saya-baik-tanya-deddy-corbuzier-ke-dr-gunawan-I6yfOW3KWm.jpg Dokter Gunawan. (Foto: Youtube)

SALAH satu yang menjadi indikator seseorang harus dirawat di rumah sakit atau bisa menjalani isolasi mandiri kala terkena Covid-19 adalah tingkat saturasi oksigen. Saturasi oksigen sendiri menunjukkan kualitas kondisi jantung dan pernapasan seseorang.

Hal inilah yang menjadi salah satu pertanyaan Deddy Corbuzier. Pasalnya ketika kondisinya drop dan diserang badai sitokin, saturasi oksigennya pun tidak mengalami penurunan signifikan dan terus dalam kondisi baik.

Lantas, kenapa setelah terkena badai sitokin saturasi Deddy Corbuzir bisa tetap baik? Menurut dr Gunawan, banyak hal mempengaruhi saturasi seseorang.

"Pertama kapasitas paru itu sendiri dipengaruhi beberapa, Anda olahragawan pasti VO2max tinggi, permukaan paru-paru pasti lebih luas dan kapasitas paru lebih bagus daripada yang tidak olahraga," jelas dia dalam Podcast Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier

Kedua yakni bagaimana kondisi jantung seseorang, apakah jantungnya sehat atau tidak. "Itulah sebab saturasi masih cukup baik walaupun mengalami demam peradangannya. Padahal kalau dilihat dari CT Scan sudah mulai banyak yang mengalami peradangan di paru," tambahnya.

Menurutnya, saturasi juga dipengaruhi beberapa hal seperti komorbid dan penerapan pola hidup sehat seseorang. Yang pasti, lanjut dia, mereka yang berolahraga kapasitas parunya pasti besar.

Dokter Gunawan menjelaskan, kadar oksigen di tubuh kita tergantung dalam beberapa hal seperti jantung dan paru-paru. "Otot sedikit berperan juga. Tapi otot lebih ke penyimpanan glikogen atau cadangan gula untuk tenaga, bukan untuk oksigen," katanya.

Dia melanjutkan, ketika seseorang kondisi paru-parunya memburuk, maka saturasi oksigen pasti akan turun. Hal ini karena kapasitas penyerapan paru pasti terganggu. "Paru akan meradang dan tidak bisa bekerja dengan baik," tukas dia.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini