Punya Dapur Mungil, Begini Triknya Biar Kelihatan Luas dan Rapi

Agustina Wulandari , Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 12 2460282 punya-dapur-mungil-begini-triknya-biar-kelihatan-luas-dan-rapi-MUhaMwZdKS.jpg Ilustrasi (Foto: Dok.Freepik)

Keberadaan dapur di dalam rumah memiliki peranan penting dalam keseharian kita. Dapur digunakan untuk mengolah, menyiapkan, dan menyajikan makanan bagi seluruh anggota keluarga. Wajar jika banyak orang ingin memiliki dapur yang indah, lengkap dan nyaman.

Untuk mendapatkan dapur yang nyaman, banyak hal yang harus disesuaikan. Mulai dari ukuran dapur, tinggi kitchen set yang sesuai dengan proporsi tubuh pengguna, suhu ruangan, desain interior, pencahayaan yang cukup, sirkulasi udara, sistem air bersih dan air kotor, dan lain sebagainya.

Namun, bagaimana jika Anda memiliki dapur yang mungil? Dapur memang membuat ruang gerak Anda terbatas. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menyimpan banyak barang. Dengan teknik penataan yang tepat, dapur mungil bisa terasa nyaman bagaikan dapur berukuran besar.

Begini triknya biar dapur mungil kelihatan luas dan rapi:

1. Pilih Rak Piring yang Minimalis dan Multifungsi

 

Foto: ACE Indonesia

Rak piring merupakan salah satu benda yang wajib ada di dapur namun kehadirannya kerap membuat dapur mungil jadi terlihat penuh. Supaya Anda bisa tetap meletakkan berbagai piring, gelas dan alat makan lainnya dengan maksimal, pilih lah rak piring yang berdesain minimalis dan multifungsi.

Salah satu contohnya rak piring aluminium Masterspace yang ada di ACE Indonesia. Rak piring ini terbuat dari material aluminium yang ringan, stabil, tahan karat, dan kokoh. Dengan dimensi 82.9 x 33.3 x 55.5 cm, rak piring ini mudah dipasang dan praktis untuk digunakan.

Anda bisa memasangnya di sudut dapur atau jika ruang benar-benar terbatas, Anda bisa memasangnya di atas sink atau area cuci piring. Rak piring aluminium Masterspace ini dapat berfungsi sebagai pengering sekaligus tempat penyimpanan piring dan alat makan lainnya.

Baca Juga: 5 Desain Dapur Mungil Bikin Betah Masak-Memasak

2. Gunakan Rak Serbaguna sebagai Penyimpanan Tambahan

 

Foto: ACE Indonesia

Jangan sepelekan peranan rak dapur serbaguna karena kehadirannya ternyata bisa membuat dapur jadi lebih rapi! Tidak ada lagi cerita dapur berantakan saat memasak. Anda dapat menggunakan rak serbaguna sebagai tempat penyimpanan tambahan di dapur mungil.

Anda dapat meletakkan elektronik dapur seperti microwave, oven, berbagai panci, mangkuk, piring atau bumbu-bumbu dapur yang tidak muat di area utama dapur. Pilih lah rak yang bisa muat banyak barang namun pastikan strukturnya kokoh sehingga kuat menampung semuanya.

ACE Indonesia punya rak besi serbaguna 4 tingkat dari Masterspace yang setiap tingkat raknya bisa menampung berat hingga 20 kg. Dengan dimensi 60 x 30 x 110 cm, rak ini memiliki desain modern minimalis dan warna natural yang akan membuat dapur mungil Anda terlihat cantik dan elegan.

3. Pilih Lemari Tertutup Agar Lebih Rapi

 

Foto: ACE Indonesia

Jika rak terbuka seperti sebelumnya itu cocok untuk meletakkan berbagai peralatan dapur yang sering digunakan, lain lagi dengan lemari tertutup. Jika Anda punya banyak koleksi piring atau peralatan makan dan memasak yang jarang digunakan, simpan lah di dalam lemari tertutup.

Selain ruangan bisa terlihat rapi, barang-barang Anda juga jadi terlindungi dari debu dan kotoran lainnya. Salah satu lemari yang cocok untuk dapur mungil Anda adalah Lemari Dua Pintu Masterspace. Lemari berdesain modern minimalis ini memiliki 2 pintu (buka depan) dan 3 bagian rak penyimpanan.

Lemari ini terbuat dari material besi yang kuat dan tahan lama. Bagian pintunya dilapisi motif kayu (Heat Transfer Technology) dan finishing dengan teknik powder coating. Lemari Masterspace ini juga dilengkapi dengan kunci jika Anda ingin penyimpanan yang lebih aman.

4. Simpan Barang-barang Kecil di Satu Tempat Agar Tidak Berantakan

 

Foto: ACE Indonesia

Salah satu penyebab dapur mungil Anda sering terlihat berantakan adalah banyak barang-barang kecil berserakan. Gunakan satu tempat khusus untuk menyimpan barang-barang kecil tapi penting di dapur seperti gunting, pisau, sendok takar, spatula, pencapit dan sebagainya.

Anda dapat menggunakan Kotak Penyimpanan Susun Krishome untuk menghemat tempat di dapur mungil Anda. Kotak penyimpanan bermaterial plastik yang kokoh dan awet ini bisa disusun hingga empat tingkat. Dimensinya 45 x 32.5 x 20 cm, cocok untuk area dapur Anda yang terbatas.

Selain keempat produk yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa mendapatkan produk berkualitas lainnya yang dibutuhkan untuk membuat dapur mungil terlihat lebih luas dan bersih di ACE. Anda bisa belanja melalui ACE Online, aplikasi MISS ACE atau WhatsApp. Ada promo cashback Rp100.000 menggunakan kode ACEDIRUMAH, potongan langsung Rp20.000 menggunakan kode BARU20 dan gratis ongkir*.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini