5 Manfaat Temulawak, Sering Konsumsi Yuk!

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 298 2460396 5-manfaat-temulawak-sering-konsumsi-yuk-oBvuJeSDD3.jpg Temulawak (Foto: Sixtyandme)

SEJATINYA Indonesia memiliki berbagai jenis minuman sehat yang terbuat dari bahan-bahan alami. Salah satunya temulawak yang merupakan jenis jamu-jamuan.

Temulawak sendiri sering dijadikan obat alami bagi beberapa jenis penyakit, misalnya yang paling umum adalah demam atau masuk angin. Tanaman herbal ini sebagai alternatif supaya tubuh tetap fit dan terhindar dari berbagai penyakit.

Kemudian temulawak sendiri memiliki beberapa kandungan yang sangat baik untuk tubuh Anda, seperti protein, karbohidrat, serta minyak atsiri yang terdiri dari kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Nah, kurkumin inilah yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi serta anti-hepototoksik.

Nah berikut manfaat temulawak lainnya seperti dilansir dari laman Healthbenefitstimes, apa saja?

 temulawak

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Temulawak terdiri lebih dari seratus macam senyawa seperti amilase, fenolase, lemak, pati, mineral, turunan fenol (kurkuminoid), dan minyak atsiri.

Senyawa inilah yang terbukti efektif meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal. Cocok untuk menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi seperti sekarang.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Berbagai gangguan kesehatan pada saluran pencernaan seperti perut kembung, dispepsia, dan gangguan pencernaan dapat diatasi dengan Kunyit Jawa. Kunyit Jawa sendiri termasuk dalam bagian temulawak.

Penelitian menyebutkan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan yang ditemukan pada penyakit kolitis ulserativa semakin membaik dengan mengkonsumsi suplemen Kunyit Jawa secara rutin.

3. Menambah nafsu makan

Bagi orangtua yang memiliki anak dengan nafsu makan rendah, temulawak bisa menjadi obat ampuh untuk meningkatkan nafsu makan anak Anda.

Tentunya temulawak dalam bentuk yang sudah diolah, sehingga bisa sangat aman dan nikmat saat dikonsumsi oleh anak Anda. Temulawak dapat mempercepat proses pengosongan lambung sehingga nafsu makan akan segera meningkat kembali.

4. Mencegah dan Mengobati Kanker

Temulawak dapat mengendalikan, mencegah, atau bahkan membunuh berbagai jenis kanker termasuk kanker usus besar, payudara, dan prostat.

Penelitian juga menunjukkan bahwa temulawak sangat mencegah pertumbuhan dan penyebaran kanker prostat. Ramuan ini dapat bekerja dengan menghambat pertumbuhan pembuluh darah yang membantu pertumbuhan kanker. Efek pencegahannya diasumsikan didukung oleh aktivitas antioksidannya, yang melindungi sel-sel Anda dari kerusakan.

5. Mencegah dan menyembuhkan jerawat

Kabar baik bagi Anda yang kerap ditumbuhi oleh jerawat membandel di wajah, atau bagian tubuh lainnya. Alhasil membuat penampilan menjadi kurang percaya diri. Nah temulawak bisa menjadi solusi pengobatan jerawat Anda.

Kunyit Jawa yang merupakan bagian dari temulawak, memiliki sifat astringent yang menyebabkan mengecilnya pori-pori kulit sehingga secara tidak langsung akan mencegah munculnya jerawat di permukaan kulit.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini