Menkes Imbau Tidak Pilih-Pilih Vaksin Covid-19, Semua Manfaatnya Sama

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 06:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 481 2460045 menkes-imbau-tidak-pilih-pilih-vaksin-covid-19-semua-manfaatnya-sama-YThxVEEZ6z.png Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Instagram @kemenkes_ri)

INDONESIA menyediakan beberapa jenis vaksin covid-19. Vaksin yang baru tiba di Tanah Air yakni Pfizer sudah mulai digunakan di Jakarta dan sekitarnya.

Terkait banyaknya jenis vaksin covid-19 yang tersedia di Indonesia, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau agar masyarakat tidak pilih-pilih vaksin.

Baca juga: Atasi Pandemi pada 2022, Kemenkes Fokus di Hulu Terapkan Prokes Dibantu Teknologi 

"Dengan adanya beberapa vaksin ini, kami imbau agar masyarakat tidak pilih-pilih vaksin, karena semua vaksin memberikan manfaat yang sama, yaitu membangun antibodi tubuh kita," kata Menkes Budi dalam konferensi pers virtual, Senin 23 Agustus 2021.

Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Mdjaff/Freepik)

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mengatakan bahwa vaksin covid-19 gratis untuk masyarakat. Dia bahkan meminta masyarakat melaporkan jika ada yang meminta bayaran untuk vaksin yang disuntikkan.

"Dan juga sangat penting agar masyarakat membantu pemerintah menjaga bahwa vaksin ini gratis. Semua rakyat disuntik gratis. Tidak ada yang bayar. Kalau ada yang meminta pembayaran, silakan menghubungi pengaduan Kemenkes," jelasnya.

Baca juga: Menkes Beberkan 3 Strategi Tekan Laju Persebaran Covid-19, Apa Saja? 

"Kami mohon masyarakat juga turut menjaga agar tidak ada pembayaran-pembayaran yang dilakukan dan bisa menyampaikan pengaduan di nomor telepon 021-1500567 atau email ke [email protected]," jelas Menkes.

Seperti diketahui, sampai saat ini sudah ada beberapa merek vaksin covid-19 yang tersedia di Indonesia. Di antaranya Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, dan Pfizer.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini