Dokter Tirta Anjurkan Konsumsi Protein dan Serat hingga Kurangi Gula saat Proses Penyembuhan

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 09:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 481 2460118 dokter-tirta-anjurkan-konsumsi-protein-dan-serat-hingga-kurangi-gula-saat-proses-penyembuhan-cJq5c5WOPb.jpg Dokter Tirta Mandira Hudi. (Foto: YouTube Tirta PengPengPeng)

DOKTER Tirta kembali membuat video yang bermanfaat bagi penonton setelah mendapat respons positif dari video edukasi mengenai virus corona. Dokter Tirta Mandira Hudhi atau akrab disapa dr Tirta merupakan dokter muda sekaligus pengusaha. Ia seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube.

Dokter Tirta beberapa kali membahas tentang kasus covid-19 yang meningkat dan kehadiran varian baru yaitu corona varian delta. Ia juga sempat mengangkat isu hoaks yang beredar mengenai virus tersebut.

Kali ini dr Tirta membuat video khusus untuk menjawab pertanyaan yang ia kumpulkan dari media sosial, salah satunya adalah membahas mengenai konsumsi gula untuk menjaga energi tubuh.

Dokter Tirta Mandira Hudi. (Foto: YouTube Tirta PengPengPeng)

Dokter Tirta pun menjelaskan bahwa gula merupakan salah satu sumber energi, namun ketika energi yang dihasilkan gula tidak terpakai maka akan disimpan menjadi cadangan energi. Jika seseorang tidak banyak bergerak atau mengeluarkan banyak energi, hal tersebut dapat mengakibatkan gula darah yang tinggi.

Ia pun mengingatkan penonton untuk mengkonsumsi gula secukupnya sesuai dengan kebutuhan tubuh dan diimbangi dengan nutrisi lainnya. Dokter Tirta juga menganjurkan untuk menambah protein dan serat, serta mengurangi gula ketika sedang sakit atau dalam proses penyembuhan.

"Intinya, secukupnya. Dan ketika sakit kita itu hypermetabolism, kita lebih membutuhkan protein karena banyak sel tubuh yang rusak," tutur dr Tirta.

Jika ingin diet rendah gula, ia pun merekomendasikan untuk mengganti nasi putih dengan kentang, beras merah, gandum, dan jagung. Yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini